Ketua Umum PB HMI Apresiasi Kementerian BUMN Menjaga Profesionalisme dan Akuntabilitas BUMN

• Rabu, 17 Jul 2019 - 15:31 WIB

Jakarta - Ketua Umum PB HMI, R. Saddam Al Jihad menilai, dalam menjaga ruang profesionalisme di tubuh BUMN, perlu ada sikap yang tidak politis dan professional, sehingga ruang profesi dapat lebih optimal. Saddam memuji kepemimpinan Rini Soemarno sebagai menteri BUMN, yang berhasil secara elegan antara melawan politisasi BUMN dan menguatkan profesionalisme setiap direksi BUMN.

Kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan ini menjelaskan bahwa ada konsepsi yang dikenal Integrated Governance, yaitu tata kelola pemerintahan yang terintegrasi. Artinya adanya keterhubungan antara BUMN, pemerintah, masyarakat, akademisi, dan media yang sama-sama mengontrol tata kelola pemerintahan untuk tercipta Clean Government dan Good governance.

Dalam periode 2014-2019, kepemimpinan secara sistemik baik Menteri BUMN dan Sesmen BUMN perlu didukung, untuk menjaga profesionalisme agar dapat semakin terarah kedepannya.

"Visi profesionalitas, akuntabilitas, dan sinergisitas di ruang lingkup kementerian BUMN yang sudah dilakukan Menteri BUMN dengan para jajaran abdi negara dalam hal ini para insan di dalam struktur birokrasi di kementerian BUMN, harus mendapat kolaborasi dari Civil Society untuk terus tercipta profesionalitas, akuntabilitas, dan sinergisitas yang baik," jelas Saddam.

Saddam yang juga penulis buku Pancasila Ideologi Dunia ini, turut mengapresiasi survey soal ke-Indonesia-an dan penguatan ideologi Pancasila yang dilakukan di ruang lingkup kementerian BUMN.

Terakhir Saddam yang berusia 28 tahun ini berharap Presiden Joko Widodo terus mempertahankan keberhasilan Kementerian BUMN terkait profesionalitas, akuntabilitas, dan sinergisitas.

"Mengingat kementerian BUMN pada periode 2014-2019 ini sudah cukup baik dari periode pemerintahan sebelumnya. Agar dapat melawan politisasi BUMN dan menguatkan profesionalitas dan akuntabilitas BUMN kedepannya," pungkas saddam. (mus)