Pulangkan Wakil Tiongkok, Fajar/Rian Rebut Tiket Babak Kedua Indonesia Open

• Rabu, 17 Jul 2019 - 20:45 WIB

Jakarta - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus bermain tiga game untuk memulangkan wakil Tiongkok, Huang Kai Xiang/Liu Cheng dari panggung Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000. 

Setelah bertarung selama 67 menit, Fajar/Rian akhirnya mengunci kemenangan atas Huang/Liu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16 pada pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (17/7).

“Yang pertama syukur alhamdulilah kita bisa melewati babak pertama ini. Game pertama sempat terbawa permainan lawan. Mereka main no lob panjang dan sulit untuk dimatikan, dan kita kurang sabar. Tapi di game kedua kita lebih coba untuk kontrol permainan,” ujar Muhammad Rian Ardianto selepas pertandingan.

Sementara itu, Fajar Alfian mengatakan bila hasil hari ini merupakan buah dari evaluasi yang telah dilakukannya sepanjang persiapan Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000 beberapa waktu silam. 

Kerap kali gugur di babak-babak awal pada turnamen sebelumnya, membuat Fajar/Rian segera berbenah diri demi mendapatkan hasil yang lebih baik dan upaya perburuan tiket menuju panggung Olimpiade Tokyo 2020.

“Memang sih akhir-akhir ini dua atau tiga turnamen kalah di babak pertama atau kedua. Kita juga sudah ngobrol, apalagi di kejuaraan kali ini mau ada titik comeback-nya kita dan gak boleh lengah. Usahakan benar-benar fokus dan ingin memperbaiki kegagalan-kegagalan sebelumnya,” jelas Fajar.

“Kegagalan kemarin mungkin kalau di luar teknik gak ada, tapi kalau menurut saya dari segi servis power agak sedikit menurun. Pertandingan kali ini juga usaha untuk mengumpulkan poin Olimpiade, jadi mau maksimal,” tambah Fajar.

Lebih lanjut Fajar juga mengomentari penampilan Huang/Liu yang dinilai cukup sulit untuk dikalahkan. 

“Kalau dari segi teknik, Huang lebih mengontrol permainan, mungkin karena salah satu dari mereka lebih berpengalaman,” katanya.

Di sisi lain, Huang Kai Xiang/Liu Cheng yang merupakan pasangan baru mengaku akan segera mengevaluasi penampilannya. 

“Boleh dikatakan kita baru pertama kali berpasangan. Walaupun kita sudah punya persiapan sebelumnya, tapi dalam setiap pertandingan apapun bisa terjadi. Pertandingan ini, kami berusaha untuk mengontrol permainan dan sudah melakukan segala antisipasi. Tapi Fajar/Rian bermain bagus hari ini,” jelas Huang.

“Untuk turnamen ini hasilnya kurang memuaskan. Kita akan mempersiapkan lagi untuk ke depannya. Banyak yang mau dievaluasi. Kerja sama, chemistry dan komunikasi di lapangan harus bisa ditingkatkan lagi,” tambahnya.

Saat berita ini diturunkan, Fajar/Rian masih harus menunggu calon lawannya di babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000, yakni antara Liao Min Chun/Su Ching Heng dari Taiwan atau ganda putra asal India, Attri Manu/Reddy B. Sumeeth.

Sementara itu, pada pertandingan sebelumnya, Indonesia harus kehilangan satu wakil dari sektor tunggal putri melalui Fitriani dan tunggal putra lewat Tommy Sugiarto. Fitriani harus pulang lebih cepat setelah tumbang dalam pertarungan dua game langsung atas unggulan kedua asal Tiongkok, Chen Yufei dengan skor 21-7 dan 21-19.

Sedangkan Tommy Sugiarto harus mengubur dalam-dalam harapannya untuk bisa menembus babak dua Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000 setelah kalah dalam pertarungan sengit tiga game dengan skor 20-22, 21-14, dan 17-21 saat berhadapan tunggal putra Tiongkok, Chen Long. (danang)