Curhatan Petani Kelapa Tidak Menyangka Bisa Berangkat ke Tanah Suci

• Thursday, 18 Jul 2019 - 14:38 WIB

MEDAN – Seorang petani atau pekebun kelapa asal Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, bernama Tongku Hamzah bin Mahmud (72) berhasil berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji yang selama ini didambakan.

 

"Saya hampir delapan tahun lamanya dengan sabar menunggu agar bisa pergi ke Tanah Suci. Alhamdulillah pada tahun 2019 ini dapat terkabul," kata Hamzah, di Asrama Haji Medan, Rabu 17 Juli 2019 malam, seperti dikutip dari Antaranews.

 

Hamzah tergabung dalam Kelompok Terbang 06 Embarkasi Medan yang terbang menuju Arab Saudi pada Rabu sekira pukul 22.30 WIB.

 

Dalam menunaikan ibadah haji itu, menurut dia, diperlukan niat yang benar-benar tulus, ikhlas, jujur, dan penuh dengan kesabaran.

 

"Sebab tanpa adanya kesabaran, apa yang kita cita-citakan belum tentu bisa tercapai," ujar Hamzah.

 

Ia menyatakan merasa bangga bisa berangkat haji, terutama karena keadaan ekonominya menengah ke bawah, serta hanya sebagai petani kebun kelapa. Namun, berkat tekad yang kuat untuk bisa menginjakkan kaki ke Makkah, akhirnya cita-cita tersebut dapat terkabul.

 

"Ini seluruhnya adalah kehendak Allah Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada umatnya, dan semoga bisa tercapai haji yang mabrur," kata Hamzah. (okezone.com)