Kemenko PMK: Penerima Beasiswa Kader Surau Calon Pemimpin Bangsa

• Thursday, 18 Jul 2019 - 22:17 WIB

JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Prof. Dr. HR. Agus Sartono, MBA menyampaikan Kemenko PMK terus mendorong Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) untuk bisa meningkatkan jumlah penerima program Beasiswa Kader Surau mencapai 1000 Mahasiswa untuk tahun berikutnya.

Agus Sartono menjelaskan memasuki tahun ke empat kali ini, jumlah penerima program Beasiswa Kader Surau dari YBM BRI sebanyak 585 mahasiswa.

"Oleh karena itu, Kami terus mendorong YBM BRI untuk bisa  menambah penerima program beasiswa mencapai 1000 orang," kata  Agus Sartono pada acara Sarasehan Nasional Kader Surau 2019 di Kemenko PMK Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut Agus Sartono mengungkapkan alasan untuk terus mendorong peningkatan program Beasiswa Kader Surau ini yaitu akan mengundang Swasta untuk turut serta dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Dijelaskannya, setiap tahun ada 3,5 juta anak lulusan SMA, SMK dan MA dimana 1,9 juta bisa masuk di perguruan tinggi dan lainnya terpaksa harus masuk ke pasar tenaga kerja. Dari 3,5 juta ini ada 1,1 juta anak pemegang KIP di level SMA, SMK dan MA.

Menurut Agus Sartono, anak-anak yang mendapatkan Beasiswa Kader Surau ini sebagian berasal dari keluarga tidak mampu tetapi utamanya mereka haviz quran (penghafal Alquran). Mereka dipilih karena kedepannya anak-anak ini akan menjadi pemimpin lini bangsa yang kuat agamanya dan keilmuannya.

"Saya kebayang 20 tahun kedepan, dari para penerima Beasiswa Kader Surau ini ada sekitar 50 orang atau 100 orang menjadi Dirjen, Deputi dan Menteri, itu mimpi saya," tutur Agus Sartono.

Beasiswa Kader Surau merupakan salah satu program YBM BRI di bidang pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan generasi intelektual muslim yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (ANP)