Wapres Terpilih Berharap DPP Kommari Optimalkan Potensi Maritim Indonesia

• Thursday, 18 Jul 2019 - 22:55 WIB

Jakarta – Wakil Presiden terpilih 2019-2024, KH Ma’ruf Amin, memberikan arahan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Masyarakat Maritim (Kommari) yang berlangsung di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (18/7).

Rois Am PBNU itu menjabarkan soal konsep arus baru ekonomi Indonesia yang sejalan dengan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang didengungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Salah satu sektor yang harus juga mendapat perhatian yaitu sektor kemaritiman, yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk menjadi sumber potensi dalam rangka memajukan dan menyejahterakan bangsa ini,” kata Maruf Amin

Ia mengungkapkan wilayah maritim Indonesia memiliki potensi besar. Di laut terdapat berbagai jenis ikan dan banyak ditemukan sumber minyak. Sementara itu, kawasan pesisir juga menyimpan potensi besar, seperti pariwisata.

Membangun maritim, katanya merupakan tradisi yang baik dan perlu ditingkatkan untuk lebih baik lagi saat ini dan ke depannya. Ungkapan tersebut berdasarkan perintah Agama bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin.

“Perbaikan itu harus terus menerus dan terus menjadi yang lebih baik. Perubahan itu harus terus menerus. Nah sekarang kita lihat kesenjangan dan disparitas itu masih ada,” ungkapnya.

Mengenai kehidupan masyarakat pesisir dan nelayan juga menjadi sorotannya, karena kondisi nelayan yang masih sangat memprihatinkan.

“Apalah arti kalau kita tidak bisa dicuri tapi nelayan kita juga tidak bisa ngambil karena kurang sarananya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kommari Henry Sutiyoso menyatakan bahwa Indonesia sebagai negara yang 75 persennya wilayahnya berupa lautan namun belum bisa dimanfaatkan secara optimal sehingga perekonomian nasional masih terpuruk.

“Kita tidak pernah optimal dalam membangun ekonomi maritim. Jadi bagaimana caranya kita membawa maritim kita ini mengangkat ekonomi Indonesia. Tentu ini perlu arus baru ekonomi kita untuk bersatu padu, menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Putra wakil presiden terpilih KH Ma’ruf Amin, Gus Ahmad Syauqi Maaruf Amin mengukuhkan pengurus pusat Kommari. Ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembinanya. Ma’ruf berharap banyak kepada kiprah organisasi ini dalam membangun maritim Indonesia yang menyejahterakan bangsa.

“Saya yakin apabila kita bisa mengoptimalkan potensi maritimnya, Indonesia akan menjadi negara maju,” mengakhiri. (ANP)