Waketum Gerindra Dukung Wacana Pertemuan Tahap Dua Jokowi – Prabowo

• Friday, 19 Jul 2019 - 15:10 WIB

Jakarta - Prabowo Subianto pagi tadi mengumpulkan seluruh dewan pembina partai Gerindra di kediamannya di Hambalang, Bogor. Selepas pertemuan Jokowi dan Prabowo beberapa waktu lalu, menarik untuk diketahui apa materi rapat di Hambalang tadi.

Berikut wawancara ekslusif reporter Inews TV dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono :

Apa agenda pertemuan di rumah Prabowo?

Agendanya pertemuan Dewan Pembina. Membahas hasil pertemuan Pak Prabowo dan Jokowi. Prabowo selaku ketua dewan pembina memberikan kesempatan mendapatkan masukan dari kita semua.

Tentu kita mendengarkan suara para pendukung relawan. Dari struktur partai di seluruh Indonesia terhadap perkembangan politik yang terjadi belakangan ini, terutama pasca pertemuan Prabowo Jokowi

Nanti setelah acara ini tentu hasil rapat Dewan Pembina akan dilanjutkan dengan pertemuan rapat pimpinan atau rapat kerja partai, yang diikuti seluruh pengurus partai seluruh indonesia yang dilaksanakan akhir Agustus atau awal September

Nanti salah satunya opsi itu (masuk koalisi), apakah partai Gerindra tetap diluar pemerintahan atau di dalam pemerintahan itu menjadi bahan pembicaraan.

Internal Gerindra berapa Persen?

Saya belum dengar. Berkembang ya. Ada menginginkan partai Gerindra di luar ada juga yang mendukung pemerintahan. 

Apa yang terjadi di internal ? 

Belum sampai pada tahap itu. Kan pertemuan Jokowi Prabowo sebatas silaturahim, tapi membuka pintu seperti yang disampaikan Prabowo, jika diperlukan partai Gerindra akan membantu pemerintah. Tapi kalau keputusan formal organisatoris apakah kita mendukung pemerintahan atau menempatkan orang di pemerintah itu pada saat keputusan resmi partai.

Mudah-mudahan hari ini bisa ada gambarannya tapi dinamis sifatnya, dan diputuskan resmi partai. 

Pertemuan Jokowi Prabowo kedua?

Kalau menurut saya pribadi, pertemuan Prabowo Jokowi sebaiknya dilanjutkan, kalau kemarin pertemuan pertama masih membahas bukan soal program. Jadi value sharingnya diharapkan pada pertemuan selanjutnya. Bisa kemungkinan program-program yang baik diadopsi pemerintahan Jokowi. Bisa sampaikan hal-hal positif lah. 

Kalau pernyataan dalam sambutan Jokowi di pertemuan kemarin kan Pak Jokowi menyampaikan bahwa merasa perlu suasana kebersamaan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi pemerintah kedepan, terutama ekonomi. Kalau sudah bicara ekonomi rakyat ya Pak Prabowo berkepentingan membantu memulihkan ekonomi menjadi baik. 

Tawaran kah itu?

Bukan tawaran tapi sinyal. Sinyal sebagai presiden terpiiuh untuk mengajak merangkul. Bukan hanya partai Gerindra. Pihak-pihak yang bisa diharapkan membantu pemerintah.

Peluang masuk koalisi?

Kalau dilihat cara Pak Jokowi dan didampingi oleh beberapa orang seperti BG (Budi Gunawan – red), Budi Karya, itu gestur Pak Jokowi terbuka. Tapi apakah itu mengajak belum sampai kesana saya rasa.

Apakah Gerindra memastikan di dalam solid?

Di Partai Gerindra, Pak Prabowo otonomi mengambil keputusan tapi tetap memberikan kesempatan kita untuk memebrikan masukan. Kalau perbedaan pendapat ya wajar. 

Lobi-lobi politik? Gerindra akan di pos mana?

Saya belum bisa jawab itu. 

Ketemu relawan?

Ya kan mereka ada kecewa marah. Kami harus mendengarkan mereka memberikan penjelasan. Mudah-mudahan bisa menerima.