Welcome to Negara Kesatuan Republik The Panasdalam

Mala • Jumat, 19 Jul 2019 - 17:10 WIB

Genre : Drama Musikal

Sutradara : Pidi Baiq & Tubagus Deddy

Pemeran : Jason Ranti, Ricky Harun, Miqdad Addausy, David John Schapp, Bisma Karisma, Steffi Zamora, Vienny JKT48, Christina Colondam, Jennifer Lopas, Anfa Safitri

Tayang mulai 25 Juli 2019

 

Pidi Baiq kembali dengan gebrakan barunya, Film Koboy Kampus. Sebuah film yang disutradarai Pidi Baiq dan Tubagus Deddy, bercerita tentang kisah masa mudanya saat berkuliah di ITB.

 

Saat itu, Pidi dan teman-temannya mendirikan sebuah negara yang dinamakan Negara Kesatuan Republik The Panasdalam, sebuah negara seukuran ruangan studio di kampusnya.

 

Film Koboy Kampus ini di produksi oleh 69 Production bersama MNC Pictures yang tidak lepas dari The Panasdalam bank, sebuah band asal Bandung yang tidak ingin disebut sebagai band.

 

Beberapa artis dan musisi pun ikut andil dalam film ini, diantaranya Jason Ranti,  Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Bisma Karisma, Steffi Zamora Husein, Danilla Riyadi, Vienny JKT48, Christina Colondam, Jennifer Lepas dan Anfa Safitri.

 

1. Jason Ranti berperan sebagai Pidi Baiq

 

 

Saat Jason Ranti ditawari untuk berperan sebagai Pidi Baiq, ia tidak berani untuk menolaknya.

 

"Soalnya Ayah Pidi yang ngajak. Saya enggak berani menolak," kata Jason saat ditemui dalam Gala Premier film Koboy Kampus di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

 

Jason Ranti juga mengatakan bahwa ia banyak berbincang dengan Pidi Baiq serta personel The Panasdalam lainnya untuk mendalami karakter dalam film tersebut.

 

     2. Ricky Harun berperan sebagai Ninu

 

 

Saat memerankan sosok Ninu, Ricky Harun sama sekali tidak merasakan kesulitan karena Kang Ninu selalu membantu Harun dalam beradegan.

 

“Kang Ninu lebih sering di lokasi sih, jadi kalau mau main mau adegan, di contohin dulu di kasih tau, jadi kita gampang banget gitu, ngebantu banget juga,” kata Harun.

 

Kali pertama bertemu dengan Kang Ninu di rumah The Panasdalam di Bandung, Harun mengatakan bahwa Kang Ninu sangat enak untuk berkomunikasi dan berbagi cerita karena semuanya diceritakan, bahkan yang tidak ada dalam script pun diceritakan juga sehingga observasinya jadi lebih gampang.

 

     3. David John Schapp sebagai Erwin

 

 

Memerankan sosok Erwin membuat David susah serius dalam beradegan.

 

“Kesulitannya saat proses syuting itu susah serius, karena banyak bercandanya,” kata David.

 

David juga mengatakan bahwa sosok Erwin ini sangat beda tipis dengan dirinya baik dari karakter, tingkah laku, isengnya, jailnya . Dia juga mengatakan kalau dia lahir sudah mirip dengan Erwin.

 

      4. Miqdad Addausy berperan sebagai Dikdik

 

 

Kang Dikdik dalam cerita Film Koboy Kampus adalah seorang menteri pemberdaya wanita. Kang Dikdik adalah seorang dosen ITB yang introvert. Observasi yang gampang membuat Miqdad tidak terlalu kesulitan dalam memerankan sosok Dikdik ini.

 

“Kang Dikdik ini menteri pemberdaya wanita, tapi dia juga kesulitan mendapatkan wanita,” ucap Miqdad.

 

Dalam memerankan sosok Dikdik, Miqdad menyesuaikan diri karena peran ini sangat berbeda dengan dirinya yang petakilan. Dia juga mengatakan bahwa berperan sebagai orang pintar itu sangat susah kalau kita tidak pintar.

 

      5. Bisma Karisma berperan sebagai Deni

 

 

Bisma Karisma turut membintangi film Koboy Kampus. Ia berperan sebagai Deni, presiden dari Negara Kesatuan Republik The Panasdalam.

 

Bisma pun mengaku bahwa band The Panasdalam yang dimotori Pidi Baiq tersebut memiliki pengaruh besar dalam perjalanan karir bermusiknya.

 

"Karena The Panasdalam ada di proses perjalanan hidup saya dan musik saya dari mulai SD. Saya dengerin The Panasdalam tuh (sejak) SD," ucapnya.

 

Karena itu, ia pun tak menolak tawaran untuk berperan sebagai Deni di film Koboy Kampus.

 

 

Gala Premiere Film Koboy Kampus akan dilaksanakan di dua kota, Jakarta (18 Juli 2019) dan bandung (21 Juli 2019).

 

“Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan”. Sebuah quotes dari Pidi Baiq yang menggambarkan kisah Koboy Kampus yang akan tayang mulai 25 Juli 2019 di bioskop kesayangan pemiliknya.