Saldo Nasabah Mandiri Error, BI : Masyarakat Jangan Panik

• Saturday, 20 Jul 2019 - 16:23 WIB

Medan - Menyusul heboh 'larinya' dana nasabah ke nomor rekening lain, Bank Indonesia (BI) meminta masyarakat tidak perlu panik, karena Bank Mandiri segera menyelesaikan sistem IT-nya yang error.

"Kami sudah menghubungi pihak Bank Mandiri. Mereka berjanji sedang menormalisasi sistem IT yang berubah," kata Onny Widjanarko, Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia, kepada wartawan , Sabtu (20/7) di Resto Rumah Pohon Medan.

Kondisi ini terjadi karena ada gangguan pada sistem IT Bank Mandiri. "Saya yakin nasabah tidak ada yang dirugikan, karena Bank Mandiri punya double data sebagai backup," jelasnya. 

Onny menambahkan, perlindungan kepada konsumen tetap dijaga tidak hanya oleh perbankan, dalam hal ini Mandiri, tetapi juga oleh regulator yakni BI dan OJK

Sementara itu, YLKI meminta manajemen Bank Mandiri mereview kembali sistem informasi teknologinya.

"Sangat memprihatinkan error nya  sistem IT Bank Mandiri," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, Sabtu (20/7).

Ia menilai sistem IT Bank Mandiri amat rapuh dan rentan di hack oleh para hacker yang berpotensi merugikan nasabah Bank Mandiri.Karenanya, Tulus mendesak manajemen bank pelat merah tersebut mereview sistem IT-nya. Sehingga ke depan tidak terjadi hal yang serupa. 

Manajemen Bank Mandiri juga harus meyakinkan konsumen bahwa seluruh saldo dan dana milik nasabah dalam keadaan aman dan bertanggungjawab terhadap kekurangan saldo. YLKI meminta konsumen yang saldonya naik karena sistem IT yang error ini agar melaporkan kepada Bank Mandiri.