Hari Anak Nasional, SGM Eksplor Ajak Masyarakat Dukung Generasi Maju Indonesia

• Minggu, 21 Jul 2019 - 21:18 WIB

Jakarta - Setiap anak berhak untuk mendapatkan dukungan nutrisiterbaik dan stimulasi tepat sedini mungkin agar dapattumbuh dan berkembang dengan optimalsehingga berkesempatan untuk mengasah potensi prestasi yang mereka miliki. Anakyang sehat dan berkualitas merupakan harapan terbaik untuk terbentuknya generasi yang terus berprestasi dan akan membawa kemajuan di masa depan.Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak agar anak Indonesia bisa mendapatkan nutrisi dan stimulasi yang diperlukan sehingga dapat mengembangkan potensi prestasi mereka untuk kemajuan bangsa di masa depan.

 

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019, SGM Eksplor menghadirkan rangkaian kegiatan edukasi di Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta (21/07). Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak orang tua dan anak Indonesia untuk kembali mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk mengasah serta membentuk5 Potensi PrestasiAnak Generasi Majuyaitu Berpikir Kreatif, Bantu Tumbuh Kembang, Supel, Mandiri & Percaya Diri.

 

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, mengatakan, pihaknya percaya bahwa kemajuan bangsa Indonesia sangat bergantung pada prestasi sumber daya manusianya. Pada momen ini, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyadari pentingnya dukungan pemenuhan nutrisi dan stimulasi tepat untuk terwujudnya Anak Generasi Maju.

 

Menurutnya, SGM Eksplor hadir sebagai pilihan nutrisi bagi si Kecil dengan Complinutri yang dilengkapi dengan Minyak Ikan & Omega 3, Kalsium & Vitamin D, Serat Pangan Inulin, Zinc & Vitamin C. Selain menghadirkan produk nutrisi, SGM Eksplor juga melakukan berbagai upaya edukasi tentang nutrisi seimbang.

 

“Selain pemenuhan nutrisi, kami juga mendorong diberikannya stimulasi tepat sedini mungkin bagi si Kecil, salah satunya dengan menghadirkan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju. Di Taman ini, disediakan berbagai kegiatan menarik dan edukatif mulai dari lomba mewarnai, Berbagai arena permainan yang seru & edukatif seperti Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, Taman Sehat; sesi edukasi gizi untuk Si Kecil bersama Bunda;serta MOBI SGM Eksplor. Untuk menambah semarak perayaan Hari Anak Nasional, kami juga mengadakan fun walk dan parade anak generasi maju Bersama 1.000 partisipan, serta meet & greet denganUpin & Ipin,” lanjut Astrid.

 

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju dirancang khusus untuk mengasah 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju melalui permainan menarik di 4 Taman Prestasi yang terdiri dari: Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, dan Taman Sehat.Permainan stimulasi dan edukatif yang tersedia antara lain:di Taman Cerdas Berkreasi dapat mendukung potensi prestasi  Berfikir Kreatif, Mandiri, dan Percaya Diri karena si Kecil melalui permainan simulasiPilot Generasi Majudimana si Kecil diajak untuk menerbangkan pesawat sambal menghindari rintangan dan Sekolah Generasi Maju dimana si Kecil diajak untuk belajar menulis & Bahasa Inggris, mengenal warna serta mengenal alat musik; di Taman Ketangkasan dan Taman Petualangan, si Kecil dapat diajak bermain untuk mendukung potensi prestasi Bantu Tumbuh Kembang, Mandiri, dan Percaya Diri melalui permainan Wall Climbing, Flying Fox danBouncy Trampoline; dan di Taman Sehat, dapat mendukung potensi prestasi Supel, Berpikir Kreatif, Percaya Diri, Bantu Tumbuh Kembang melalui permainan Milk Factory.

“Melalui permainan yang ada, orang tua dan anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beberapa stimulasi yang dapat mendukung serta mengasah potensi prestasi si Kecil. Seperti arena bermain Taman Cerdas Berkreasi, terdapat permainan simulasi menerbangkan pesawat dan menjalankan misi untuk mengumpulkan keping Complinutri. Dari permainan ini, si kecil dapat belajar tentang bagaimana berpikir kreatif,” jelas Astrid.

 

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.,seorang Psikolog Anak dan Keluarga yang juga turut terlibat sebagai konsultan untuk kegiatan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju bersama SGM Eksplor mengatakan, penting untuk memberikan dukungan komplit bagi si kecil yang terdiri dari pemenuhan nutrisi, dan stimulasi yang tepat untuk mendukung dan mengasah potensi prestasi si Kecil agar bantuberpikir kreatif, supel, mandiri serta percaya diri. Semua aspek tersebut  penting untuk  dikembangkan sedini mungkin agar kelak si Kecil menjadi generasi maju yang berprestasi dan berkepribadian baik.

 

“Ada banyak simulasi yang mudah untuk diterapkan orang tua dirumah agar dapat mengembangkan potensi prestasi si Kecil. Misalnya, untuk menstimulasi aspek kemandirian si kecil saat berusia 1 tahun, anak bisa diajarkan untuk mulai memegang sendok sendiri agar memiliki kemandirian untuk makan sendiri. Selain itu, orang tua juga bisa mendukung stimulasi rasa ingin tahu si Kecil agar bisa mengembangkan potensi prestasi berpikir kreatif, yaitu dengan menciptakan lingkungan yang aman, memberikan kesempatan bermain dan beraktivitas di lingkungan yang beragam dan mengajak si Kecil berbicara tentang hal-hal yang menarik untuknya,” katanya.

 

Tidak hanya orang tua, kemajuan Indonesia juga menjadi perhatian sosok anak bangsa berprestasi Mikha Tambayong yang ikut mendukung anak-anak Indonesia lainnya agar bisa menjadi generasi maju.

 

“Kita semua tentunya memimpikan Indonesia yang lebih baik dan lebih maju di masa depan. Hal tersebut bukanlah hal yang mustahil apabila kita semua ambil andil, sekecil apapun, dalam mendukung anak-anak Indonesia mengembangkan potensinya dan berprestasi sesuai bidangnya,” kilahnya.

 

Ia percaya setiap anak memiliki potensi untuk mencapai  kemajuan. Namun, yang membuat beda adalah bakat atau ketertarikan yang mereka miliki. “Sedari kecil, selain mendukung dengan nutrisi dan stimulasi, orang tua saya terus mendorong saya untuk mencari bakat tersebut dan terus belajar agar bisa mengembangkannya, baik itu di dunia seni maupun akademis. Kemajuan dan perkembangan jaman sekarang dapat digunakan sebagai senjata untuk bisa maju mencapai prestasi untuk kebaikan orang-orang disekitar dan bangsa Indonesia. Namun, kesuksesan anak-anak Indonesia bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk turut berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak-anak Indonesia lainnya agar bisa menjadi generasi maju sehingga kedepannya negara ini bisa lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Taman Prestasi Sahabat Generasi Majujuga telah mendorong edukasi nutrisi dan stimulasi dari 3.000 partisipan di 3 kota besar lainnya yaitu Surabaya, 21 April 2019,Medan (27 April 2019), Yogyakarta (28 April 2019), dan terakhir akan berlangsung di Bandung  (28 Juli 2019).Di tahun ini,edukasi nutrisi melalui Mini Mobi akan berkeliling ke 11.000 area di Indonesia. Untuk menjangkau lebih banyak orang tua, edukasi nutrisi seimbang juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, Instagram @AkuanakSGM, serta aktivitas live chat di media sosial dimana ibu bisa secara langsung berkonsultasi dengan para ahli seperti dokter & psikolog anak.

 

“Rangkaian inisiatif yang dilakukan merupakan bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor untuk terus memberikan edukasi tentang pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat sejak dini, diharapkan anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan,” tutup Astrid. (ANP)