Bupati Pasangkayu Akan Tetapkan Berdasarkan Hasil Penilaian Tim Penguji

• Friday, 26 Jul 2019 - 13:11 WIB

PASANGKAYU - Setelah mendapatkan Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN), Nomor: B-2085/ KASN/7/2019, tentang Rekomendasi Pelaksanaan Uji Kompetensi dalam rangka Mutasi/ rotasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Bupati Agus Ambo Djiwa akan melakukan Uji Kompetensi 29 Kepala OPD.



Uji kompetensi ini, lanjut Agus, didasarkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pasangkayu telah melebih dari 2-5 tahun masa jabatan, sebagaimana yang diamanatkan UU No. 5/2014 tentang ASN, pasal 116, 117 dan 118. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Balai Diklat Sulsel Makassar, 27 s. d 29 Juli 2019.


Bupati Agus Ambo Djiwa juga menekankan dalam uji kompetensi para kepala OPD akan diuji langsung oleh Tim Penguji Kompetensi yang memiliki kemampuan managerial mengenai ASN, yang akan mengacu kepada UU No. 5 tentang ASN tahun 2014, PP. 53 tahun 2010 dan PP. 46 tahun 2011. Untuk itu, kepala OPD harus mempersiapkan diri dengan baik dan memahami bagaimana tupoksi masing-masing OPD, secara profesional.

 

"Dalam uji kompetensi Kepala OPD harus memahami mengenai tupoksi masing-masing, sebagaimana tertuang dalam UU ASN tahun 2014. Karena dalam uji kompetensi ini para kepala OPD, akan dinilai oleh Tim Uji kompetensi berdasarkan kemampuan dan profesionalitasnya. Untuk itu para Kepala OPD bisa saja pindah dari OPD, atau tetap di OPD semula dan bahkan bisa jadi tidak menduduki lagi OPD yang ada, berdasarakan Undang-undang ASN," tegas Agus, di Jakarta, Jum'at (26/7/2019).


Berdasarkan Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara, adapun PPT Pratama yang akan dilakukan uji kompetensi evaluasi/uji kesesuaian (job fit) sebanyak 29 JPT Pratama, sebagai berikut; Badan Penanggulangan Ardhilla, Dinas Kesehatan dr. Muhammad Alief Satria, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan I Nyoman Suandi, Dinas Pertanian Nazlah K. S, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan Perlindungan Anak Drs Anwar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Irman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa M. Arfan, Dinas Lingkungan Hidup, Jamal, Dinas Kelautan dan Perikanan Abbas, Kepala Badan Pendapatan Abdul Wahid, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Ahmda, Asisten Bid Pemerintahan Makmur, Asisten Bid Pembangunan Musbar, Asisten Bid Administrasi Umum, Ihsan, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kasmuddin, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Badaruddin.



Selai itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Andi Ilham Wawo, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Andi Rahmat, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu Zulfikar, Kepala Baden Pengelolaan Keuangan dan Aset Abidin, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Irfan Rush Sadek, Kepala Dinas Perhubungan Nasrum, Kepala Dinas Kominfo, Persandian, dan Statistik Dasteri, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi, Masri Madawali, Kepala Dinas Sosial, Nur Said, Kepala Inspektorat Rahmat, Kasat Pol PP, Muliady Halim, Sekretaris DPRD, Muhammad lqbal N. Pali, dan Staf Ahli Bid Hukum. Politik llham. (sindonews.com)