Inilah Pameran Seniman Hendro Saptoadji, Berkarya Dengan Dimensi Indonesiaku

• Jumat, 26 Jul 2019 - 21:41 WIB

JAKARTA - Seniman Lukis dan Pahat, Ir. Hendro Saptoadji OOQ menggelar pameran seni lukis dan pahat dengan tema "Berkarya Dengan Dimensi Indonesia pada 26-27 Juli 2019 berlangsung di Pendopo Krintji di Kebayoran Baru, Jalan Kerinci IX No.20 Jakarta Selatan.

Cerita karya Ir. Hendro Saptoadji OOQ akrab dipanggil Adji, umumnya bersumber dari peristiwa ke seharian yang ada di sekitar baik itu seperti kegiatan di pasar, pelabuhan, petani dan peristiwa khas Indonesia.

"Melalui karya ini, saya ingin dapat ikut mewariskan gambaran Indonesia saat ini kepada anak-cucu," kata putra bungsu seniman terkenal Dukut Hendronoto (Pak Oog) saat peresmian pembukaan pameran, Kamis (25/7/2019).

Agar semakin mendekatkan karya dengan realita, menurut Adji mengekplor dengan menampilkan kedalaman (depth) reliefnya sehingga tercipta karya dalam wujud 3 (Tiga) dimensi.

Menurutnya, dalam berkarya dirinya terinspirasi Basoeki Abdullah, Affandi dan Ayahanda Ooq (Khususnya karikatur).

Anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan Dukut Hendronoto (Pak Ooq) dan Soemarti ini mengagumi Cokot (Seniman pahat), Nyoman Warte (Seniman Patung) dan Soerono (Kakak dari ayah, Seniman lukis).

Adji menekankan satu hal yang menjadi pegangan dasarnya, orang dapat memahami karyanya. Karyanya dapat menjadi media dalam berkomunikasi dengan orang lain dan itu akan mendatangkan kepuasan yang luar biasa dan dapat menjadi motivasi untuk orang lain.

Dari sekian banyak hasil karya yang dipamerkan, menurut Adji karya yang terbaik baginya adalah karya pahat Tangan Kaki, sebuah patung 3 dimensi yang berisi gambar kumpulan tangan-kaki.

"Tangan dan kaki yang tidak bergerak itu mengungkapkan kegalauan yang bercampur kepasrahan dan permohonan doa saat istri tercinta Dewi Utari divonis terkena kanker serviks stadium lanjut," ungkap Adji Ooq. (ANP)