Dirut Baznas Raih TOP Eksekutif Muslim 2019

• Monday, 29 Jul 2019 - 16:11 WIB

JAKARTA - Aktivis gerakan zakat nasional sekaligus Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI M. Arifin Purwakananta menerima penghargaan TOP Eksekutif Muslim 2019. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden M Yusuf Kalla bersama Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Hj Ingrid Kansil S.Sos dan Pemimpin Umum sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Madani, M Luthfi Handayani pada pembukaan Rakernas IPEMI ke IV Senin 29 Juli 2019 yang digelar di The Media Hotel & Tower Jakarta. Arifin berhasil menyisihkan sejumlah nominator lainnya dan meraih Penghargaan Top Eksekutif Muslim 2019 bidang Ekonomi Umat.

Arifin Purwakananta dinilai berhasil memberikan pengaruh besar pada peningkatan kinerja BAZNAS selaku Lembaga Pemerintah Non Stuktural yang bertanggung jawab ke Presiden melalui Kementrian Agama. Dalam bidang pengumpulan zakat, Arifin berhasil mendorong peningkatan rata-rata 35% dalam tiga tahun berturut turut dan berhasil mencapai pencapaian pengumpulan zakat dua kali lipat dari pencapaian tertinggi yang dapat dihimpun BAZNAS Pusat sejak berdiri Tahun 2002 hingga 2016. Pencapaian ini didapat dengan menggerakkan kinerja Amil dengan mendorong kapasitas personil dan mengembangkan budaya kerja produktif. Tidak canggung Arifin juga turut memberi keteladanan dengan kegiatan turun membantu staf mengerjakan hal-hal kecil yang inovatif untuk membangkitkan budaya produktifitas di BAZNAS, termasuk dengan membangun klub-klub hobi di BAZNAS untuk melayani para millenial di BAZNAS.

Dalam bidang pendistribusian, gagasan pengembangan Lembaga Program BAZNAS yang dikembangkan Arifin Purwakananta mendorong BAZNAS dapat berkarya lebih baik dan karenanya lebih diterima oleh masyarakat. Dampak dari kebijakan ini BAZNAS kini piawai mendistribusikan zakat dalam berbagai momentum penting misalnya berbagai kasus kemiskinan, kasus kesehatan dan krisis kemanusiaan, penanganan kemiskinan akibat bencana, program microfinance, pemberdayaan mustahik, pembinaan mualaf dan program-program lainnya. Dalam tiga tahun terakhir BAZNAS mendapatkan Penghargaan International GIFA Award 2018, CSR Award 2018 dan Global Good Governence Award 2019. BAZNAS juga berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 2009:2015.

Arifin mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas penghargan TOP Eksekutif Muslim 2019 ini. Baginya penghargaan TOP Eksekutif Muslim 2019 yang diterimanya  ini merupakan penghargaan kepada seluruh Pimpinan dan Amil BAZNAS dan juga bagi seluruh gerakan zakat Indonesia. “Penghargaan ini sebagai tanda bahwa kerja keras terus menerus dan berbagai inovasi gerakan zakat telah diterima luas oleh publik, gerakan zakat harus terpacu semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada umat”, Kata Arifin. “Kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan adalah musuh Ummat, kita harus terus mengupayakan mengikisnya sampai titik terendah. Di sini peran Gerakan Zakat Indonesia”,  tambah Arifin.

Selain Penghargaan TOP Eksekutif Muslim 2019, kegiatan ini juga menjadi ajang diserahkannya penghargaan TOP Eksekutif Muslimah dan TOP Halal 2019 kepada para pemenang. Wakil Presiden dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para penerima Award ini dengan harapan penghargaan ini memacu perbaikan usaha di Indonesia. (ANP)