Mengintip Keindahan Wisata Bawah Laut Aceh lewat Sabang International Freediving

• Thursday, 1 Aug 2019 - 10:20 WIB

JAKARTA,- Sebagai negara kepulauan yang terkenal dengan baharinya, Indonesia memiliki wisata bawah laut yang memesona. Ada banyak wisata bawah laut di Indonesia yang dapat memikat wisatawan. Salah satunya di Pulau Weh, Sabang, Provinsi Aceh.

 

Karena memiliki keindahan bawah laut, bahkan Pulau Weh menyelenggarakan Sabang International Freediving Competition 2019. Event ini digelar pada November 2019 di Pulau Weh, dan akan menjadi salah satu upaya mempromosikan daya tarik wisata bawah laut Aceh.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin mengatakan, Sabang International Freediving Competition 2019 merupakan event ketiga yang telah diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2017 bersamaan dengan Sail Sabang.

 

“Pada penyelenggaraan event ini, kedalaman laut di pantai yang nyaris tidak berarus dan bergelombang menjadi daya tarik yang ideal bagi para pelaku wisata minat khusus yakni free diving,” kata Jamaluddin, dalam rapat yang membahas Sabang International Freediving Competition 2019 di Gedung Sapta Pesona, Senin 29 Juli 2019.

 

Dia mengatakan Sabang memiliki lokasi yang ideal untuk freediving.Lokasi penyelaman tersebut berada di Pantai Teluk Balohan, berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai dengan kedalaman mencapai sekitar 120 meter.

 

“Sangat jarang ditemui lokasi penyelaman khusus freediving yang potensial seperti ini, maka ini merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Sabang dan layak dimanfaatkan untuk kemudian kita promosikan. Kegiatan freediving ini merupakan kejuaraan kelas dunia," ujarnya.

 

Jamaluddin menambahkan, Sabang dengan lokasi penyelaman di Teluk Balohan tersebut sudah dikenal para penyelam karena bisa diselami tanpa tabung oksigen.

 

Selain itu juga sudah menjadi lokasi rutin yang mereka kunjungi untuk sekadar menjajal atau berlatih freediving sebelum pelaksanaan kejuaraan tersebut.

 

Lama tinggal wisatawan freediving yang utamanya dari Malaysia, Singapura, beberapa dari Eropa, dapat mencapai sekitar 20 hari atau lebih. (iNews.id)