Wapres JK Harapkan Transmigrasi Sejahterakan Transmigran dan Penduduk Lokal

• Thursday, 1 Aug 2019 - 23:48 WIB

Jakarta - Hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi 2019. Wapres mengingatkan tentang pentingnya transfer keterampilan antara transmigran dan penduduk lokal agar terjadi kesetaraan.

"Upaya yang dijalankan dewasa ini ialah bagaimana menyejahterakan transmigrannya dan menyejahterakan tempat di mana transmigran. Bagaimana caranya, tentu transmigrasi itu ada transfer keterampilan," kata JK di Hotel Sultan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

JK menuturkan transmigrasi adalah program yang dijalankan pemerintah sejak 1950. Dia menyebut tujuan transmigrasi adalah menyejahterakan transmigran dan penduduk lokal.

"Kalau yang datang tidak sejahtera, kemudian yang didatangi tidak sejahtera, maka transmigrasi itu tentu tidak maksimal," jelasnya.

JK juga mengakui ada gesekan antara transmigran dan penduduk lokal pada masa lalu. Tapi dia menilai transmigrasi banyak berdampak positif.

"Kita lihat banyak di antara yang punya anak, mereka sudah sekolah tinggi, sarjana, dan menempati posisi yang baik di daerah transmigrasi itu. Semua terjadi apabila ada suatu kebersamaan," paparnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengatakan transmigrasi telah berhasil memindahkan 8 juta penduduk. Selain itu, transmigrasi berhasil menciptakan dua ibu kota provinsi hingga 104 kabupaten baru.

"Transmigrasi telah menciptakan 2 ibu kota provinsi, 104 kabupaten baru, 335 kecamatan, dan 1.336 desa definitif di luar Jawa. Saat ini, capaian transmigrasi di 619 kawasan dan 48 kawasan program revitalisasi telah mengelola 4,2 juta transmigran, termasuk 1,7 juta tenaga kerja yang tinggal di kawasan seluas 4,4 juta hektare," jelasnya. (ANP)