Sinergi Pelayanan Tilang dan Penegakan Kepatuhan Oleh BPJS Kesehatan dan Kejari Jakarta Selatan

• Friday, 2 Aug 2019 - 18:55 WIB

Jakarta – Setelah Memorandum of Understanding (MOU) atau Nota Kesepakatan Bersama disepakati oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan, pada hari Jumat (02/08) bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan diselenggarakan acara Launching Sinergi Pelayanan Tilang dan Penegakan Kepatuhan Program JKN-KIS Antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan dan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Dari pihak BPJS Kesehatan, yang meresmikan kerjasama adalah Unting Patri Wicaksono Pribadi selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan. Sedangkan dari pihak Kejari Jakarta Selatan, dilakukan oleh Anang Supriatna selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan, Unting Patri Wicaksono Pribadi mengatakan, jika kegiatan hari ini untuk meresmikan hasil MOU yang telah disepakati sebelumnya. Unting mengatakan, setelah kerjasama ini diresmikan maka BPJS Kesehatan akan langsung berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk menyiapkan teknis lengkap di lapangannya dimana nantinya peserta yang akan membayarkan tilang akan langsung terinformasikan tunggakannya jika yang bersangkutan memiliki tunggakan.

“Bentuk sinergi antara BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, nantinya informasi tunggakan akan langsung terinformasikan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang akan membayarkan tilang. Dengan demikian, tidak hanya penegakan kepatuhan dalam berlalu lintas tetapi juga penegakan kepatuhan peserta dalam membayar iuran JKN-KIS. Selain itu, kami juga menyediakan meja pelayanan yang mana di meja tersebut peserta dapat mengurus pendaftaran peserta baru, memperbarui data kepesertaan, mencetak kartu JKN-KIS, bahkan di meja tersebut kami juga melayani pembayaran tunggakan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) yang telah disediakan,” Ujar Unting.

Unting juga menyampaikan, untuk satu bulan pertama meja pelayanan akan hadir setiap hari Jumat. Selanjutnya, meja pelayanan JKN-KIS akan hadir setiap hari di kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Ia berharap, sinergi ini akan memberikan kemudahan masyarakat yang ingin mengurus kepesertaan Program JKN-KIS nya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Anang Supriatna, menyampaikan apresiasi atas kerjasama tersebut, karena kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk terus mendukung Program JKN-KIS.

“Bagi Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, sinergi ini merupakan bentuk dukungan penuh kami pada terlaksananya Program JKN-KIS. Dengan sinergi ini, diharapkan para peserta yang mengikuti tilang mendapatkan kemudahan lain karena mereka juga bisa mengurus keperluannya untuk Program JKN-KIS. Apalagi masyarakat yang hadir dapat sekalian mengetahui dan membayar tunggakan iuran JKN-KIS, “ Ujar Anang. (ANP)