Pedagang Kendari Beach Datangı Kantor Walıkota Kendarı

• Tuesday, 6 Aug 2019 - 18:46 WIB
Perwakılan pedagang dıterıma Pemkot Kendarı

Kendarı - Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Kendari Beach mendatangı Kantor Wali Kota Kendari, Selasa (6/8/2019). Tujuannya mereka mempertanyakan alasan pihak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) yang  melayangkan surat yang isinya mengimbau kepada para pedagang yang selaın pedagang kulıner untuk mengosongkan tempat tersebut.

 

Mewakili para pedagang, Risman (34) menjelaskan maksud kedatangan mereka adalah untuk mempertegas kebijakan yang diambil sepihak oleh Pemerintah Kota Kendari apa yang menjadi alasan dibalik penertiban PKL di Kendari Beach.

 

"Kita pedagang kaget tiba kemarin sore sekira 16.30, Senin (5/8), pihak BP2RD memberikan surat edaran penertiban," katanya. Harusnya pemerintah menyediakan tempat jualan baru untuk mereka, sebelum ada perintah mengosongkan.

Sementara ıtu pedagang laın "Muhdar" mengatakan, mereka para bedagang dı Kendarı Beach selama ını turut berperan membantu menjaga keamanan, kebersıhan dan ketertıban, juga menjadıkan kawasan kendarı beach menjadı ıcon kota kendarı, dımana tempat kumpul dan hıburannya masyarakat.

 

"Kasihan kan kalau kita disuruh kosongkan tempat ini. Dimana tempat kita cari nafkah untuk menghidupi istri dan anak," katanya.

 

Hampir satu jam mereka berada di depan kantor BP2RD. Akhirnya para pedagang ditemui langsung oleh Sekretaris BP2RD Kota Kendari, Sapri dan mengajak pedagang untuk hearing di ruang rapat.

 

Setelah mendengarkan apa yang menjadi tuntutan PKL, Sapri akan menindaklanjuti dengan memfasilitasi pedagang untuk berdialog dengan Pelaksana Harian Wali (PlH) Kota Kendari, Nahwa Umar dan Pelaksana Tugas BP2RD, Susanti membicarakan persoalan ini guna mencarikan solusi.

 

Ia juga menambahkan, perintah pengosongan tempat itu merujuk surat keputusan Wali Kota Kendari Nomor 1308 tahun 2014 tentang penetapan penjualan lesehan di Kendari Beach.

 

Jika merujuk pada surat keputusan wali kota, memang Kawasan Kendari Beach  diperuntukkan untuk kuliner. Makanya diimbau kepada pedagang yang bisa mengembalikan pada fungsinya.

(Rep. Hengky/Kendari)