Scary Stories to Tell in the Dark

• Wednesday, 7 Aug 2019 - 17:29 WIB

Genre: Horor
Sutradara: André Øvredal
Pemeran: Zoe Colletti, Michael Garza, Gabriel Rush, Austin Abrams, Dean Norris, Gil Bellows, Lorraine Toussaint, Austin Zarjur, Natalie Ganzhorn
Durasi: Hampir 2 jam
Mulai tayang di Bioskop Cinema XXI : 7 Agustus 2019

Ada orang yang percaya, jika kita cukup sering mengulang suatu cerita, kisah tersebut akan menjadi nyata. Dongeng turun temurun yang tak jelas kebenarannya, karena telah tertulis dan diceritakan berkali-kali, menjadi terasa sangat riil dalam Scary Stories to Tell in the Dark. 

Diadaptasi dari novel anak-anak berjudul sama, sineas terkemuka yang terkenal dengan makhluk-makhluk fantasinya, Guillermo del Toro menuangkan imajinasi 'dark'-nya lewat tokoh-tokoh remaja, yang penasaran dengan cerita takhayul. 

Latarnya terjadi pada tahun 1968 di kota kecil AS, Mill Valley, di mana keluarga Bellow telah tinggal di sana selama beberapa generasi. Dalam kediaman Bellow di pinggir kota, anak perempun keluarga tersebut, Sarah, memiliki rahasia mengerikan. Sarah menulis serangkaian cerita mengerikan yang tak lekang oleh waktu, sehingga menjadi terlihat menjadi sangat nyata. 

Apalagi, bagi sekelompok remaja: Stella Nicholls (Zoe Margaret Colletti) yang memiliki dua sahabat bernama Chuck (Austin Zajur), dan Auggie (Gabriel Rush) juga seorang teman yang ditaksirnya Ramon (Michael Garza). Mereka diselimuti rasa ingin tahu untuk mengungkap misteri cerita Sarah Bellow.

Scary Stories to Tell in the Dark berhasil membuat penonton terpukau atau tak mampu berkata-kata. Dengan enam cerita yang dikemas, lengkap dengan kekuatan 'story telling', penggemar horor akan terhibur, sekaligus berpikir, "Apa lagi habis adegan ini?" 

Deretan monster siap menakut-nakuti, di antaranya The Big Toe Corpse dan The Pale Lady.

Tanpa terlalu banyak teknik 'jump scare', yaitu pergantian atau pemunculan gambar dengan suara kencang secara tiba-tiba, rasa takut secara pelan-pelan dibangun dengan rasa penasaran, sambil bertanya, "Habis ini muncul monster apa lagi ya?" Justru itulah yang membuat ketakutan luar biasa.