Pemkot Kendari Tingkatkan Budidaya Industri Pangan Lokal

• Thursday, 8 Aug 2019 - 11:52 WIB

MNC TRIJAYA KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra),menggecarkan budidaya industri pengolahan pangan berbasis bahan baku lokal di daerah.

Plh Wali Kota Kendari, Nahwa Umar, mengungkapkan dalam mengembangkan industri pengolahan lokol untuk pihaknya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk akademisi perguruan tinggi yang ada didaerah.

Kata Nahwa,Pengolahan pangan berbasis bahan baku lokal, akan menjadi motor penggerak dalam pengembangan diversifikasi pangan.
Selain itu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap pangan lokal agar tidak tergerus dengan adanya pangan impor diluar.

"Tentunya untuk memiliki daya tarik terhadap inovasi tersebut, produk pengolahan pangan dibuag dengan tampilannya yag lebih menarik,cita rasa kekinian,dan harga yang bersaing,"ungkap Nahwa Umar,Rabu (7/8).

Dalam proses pemasaran nantinya kata Nahwa akan dilakukan,secara online maupun offline dengan melibatkan peran mahasiswa yang tergabung dalam KKN PPM Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UHO bekerjasama dengan Dinas Pangan Kota Kendari.

Sambung Nahwa,untuk meningkatkan kecintaan warga terhadap pangan lokal maka telah dibentuk lembaga yang disebut Ikatan Perajin Produk Pangan Lokal (IP3L) Kasuami Kota Kendari beranggotakan 22 orang perajin dan penjual kasuami.

Pembentukan lembaga komunitas tersebut merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan perajin Kaopi (bahan dasar pembuatan kasuami), memperbaiki mutu dari pangan lokal di Kota Kendari.

(Rep. La Ismeid/Kendari)