Lempar Jumrah, Jamaah Haji Harus Perhatikan Ini

• Senin, 12 Agu 2019 - 15:14 WIB

MINA – Jamaah haji akan kembali melakukan lempar jumrah pada hari ini, Senin 12 Agustus 2019, atau 11 Dzulhijah 1440 Hijriah. Ada beberapa hal yang patut diketahui terkait aktivitas lempar jumrah pada hari kedua ini.

Pada hari ini, tidak ada larangan waktu melempar jumrah. Walau begitu, jamaah haji tetap diminta mengatur waktu yang pas demi kesehatan, keamanan, dan kenyamanannya.

"Hindari saat terik matahari," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka.

Ia pun meminta jamaah haji untuk mengenakan alat pengaman diri, seperti payung. Termasuk masker yang sebenarnya diperbolehkan digunakan dengan alasan kesehatan.

Jarak antara tenda jamaah haji Indonesia dengan lokasi jamarat memang lumayan jauh, sekira 2 sampai 5 kilometer. Kemudian jarak tersebut akan menjadi dua kali lipat karena jamaah haji harus berangkat dan pulang lagi ke tenda.

Oleh karena itu, Eka meminta kepada jamaah haji berusia lanjut dan berisiko tinggi untuk mempertimbangkan badal dalam lempar jumrah ini.

"Kita selalu minta kepada jamaah haji yang tua dan sakit untuk dibadalkan saja," ucap Eka.

Sekadar diketahui, berdasarkan surat dari Kementerian Haji Arab Saudi yang dikirim melalui muassasah, berikut jadwal larangan lempar jumrah untuk jamaah haji Indonesia.

- 10 Zulhijah larangan melempar jumrah mulai pukul 04.00 sampai 10.00 WAS.

- 11 Zulhijah tidak ada waktu terlarang untuk lempar jumrah.

- 12 Zulhijah larangan melempar jumrah mulai pukul 10.00 sampai 14.00 WAS.

- 13 Zulhijah tidak ada waktu terlarang untuk lempar jumrah.

(Okezone)