KPU Usulkan Anggaran Pilkada Serentak di Sultra Capai Rp 200 Miliar

• Selasa, 13 Agu 2019 - 16:31 WIB

KENDARI – KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) mengakumulasi anggaran Pilkada serentak tahun 2020. Dari tujuh daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Sultra, KPU mengusulkan anggaran total seluruhnya mencapai Rp 200 miliar.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Moethalib, mengatakan, dari tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada, jika diakumulasikan seluruhnya maka KPU Kabupaten telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 200 miliar lebih.

Daerah yang terbesar mengusulkan anggaran Pilkada, sambung Natsir yakni Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dengan jumlah mencapai Rp 65 miliar. Sementara yang terkecil Konawe Kepulauan senilai Rp 30 miliar.

Alasan di Konsel ini lebih banyak anggaran yang diusulkan, karena terdapat 25 kecamatan dengan 300 desa lebih.

“Jadi badan penyelenggaranya itu banyak, apa lagi ada wilayah kepulauannya terpencil yang susah dijangkau seperti Laonti, di Kolono,” ungkap Abdul Natsir di Kendari,Selasa (13/8).

Lanjut abdul Natsir yang kerab panggilan akrabnya bang Ojo ini mengungkapkan angka akumulatif Rp 200 miliar itu belum disetujui Pemerintah Daerah setempat, dan anggaran ini masih bersifat rancangan anggaran yang akan menjadi pembahasan Pemda.

“Ini kan baru rancangan anggaran, Pemda juga masih melakukan pembahasan lebih lanjut,” tuturnya.

Ojo menegaskan, anggaran Pilkada tersebut telah memiliki porsi masing-masing kegunaannya dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di Sultra.

“30 sampai 40 persen anggaran itu akan digunakan untuk personel penyelenggara tingkat bawah yakni PPK, PPS serta KPPS kita dan selebihnya untuk peraga dan bahan kampanye dan kebutuhan lainya,"ungkap Ojo. (La Ismeid/Kendari)