Mans Muskita, Mantan Atlet Lari Putri Indonesa Meninggal Dunia

• Tuesday, 13 Aug 2019 - 16:32 WIB

JAKARTA – Dunia olahraga, terutama cabor atletik tengah bersedih saat ini. Sebab salah satu putri terbaik mereka, yakni Mans Muskita, dikabarkan telah meninggal dunia pada Senin 12 Agustus 2019, malam WIB, di Rumah Sakti Pondok Indah Bintaro.

 

Wanita bernama lengkap Henriette Josephine merupakan mantan atlet lari yang berhasil meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional I pada 1948 yang berlangsung di Solo. Mans Muskita juga merupakan salah satu atlet yang masuk dalam kontingen Indonesia di Olimpiade Meksiko 1968.

 

Mans Muskita

 

Mans Muskita sendiri merupakan putri dari salah satu pahlawan nasional serta mantan Gubernur pertama Maluku, yakni Johanes Latuharhary. Johanes sendiri merupakan pahlawan yang ikut memperjuangan serta perintis kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Mans Muskita lahir dan besar di Ullath, salah satu derah yang berada di Maluku Tengah. Mans Muskita sendiri setelah aktif sebagai atlet, lebih banyak menghabiskan waktu untuk menemani sang suami, yaitu Joost Muskita, yang merupakan mantan duta besar (Dubes) Indonesia untuk Jerman.