Polri Akan Umumkan Hasil Investigasi Blackout Jumat Depan

• Wednesday, 21 Aug 2019 - 14:55 WIB

Jakarta - Mabes Polri berjanji akan mengumumkan hasil investigasi penyebab blackout yang terjadi di sejumlah wilayah beberapa waktu lalu,  pada Jumat 23 agustus 2019.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Dedi Prasetyo, mengatakan Polri akan menjeleskan keseluruhan hasil investigasinya secara terperinci, mulai dari investigasi di PLTU Ungaran, PLTU Pemalang, Gandul, Suralaya, Muara Marang, dan sejumlah titik lainnya.

"Sejauh ini, penyidik telah melaksanakan investigasi dari hulu sampai hilir. Dari SUTET Ungaran, Pemalang, Gandul, Suralaya, dan Jakarta," kata Dedi Prasetyo, Rabu (21/8/2019).

Dedi mengatakan, saat ini pihak kepolisian masih terus menjalin komunikasi intens dengan PLN, untuk mengoordinasikan sejumlah hal yang diduga menjadi penyebab padamnya listrik di hampir sebagian wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jabodetabek itu.

Diharapkan hasil yang komprehensif dari komunikasi dan investigasi kepolisian dan PLN bisa didapatkan pada Jumat besok.

Sebelumnya hampir seluruh masyarakat Jabodetabek, Jawa tengah, dan Jawa Timur digegerkan dengan adanya pemadaman listrik yang terjadi cukup lama pada Minggu 4 agustus 2019.

Di beberapa wilayah, pemadaman listrik terjadi hingga 12 jam. Bahkan ada yang lebih dari 20 jam.

Atas pemadaman tersebut, banyak orang yang merasa dirugikan, terutama para pengusaha yang banyak memanfaatkan teknologi dalam memanfaatkan bisnisnya.

Selain pemadaman listrik, kondisi sulit sinyal dari berbagai provider, mulai dari Indosat, XL hingga Telkomsel juga harus ditanggung oleh sebagian besar pengguna kartu. (fajar)