SI TAMPAN Ambulance Sudah Beroperasi, Butuh Layanan Tinggal Call PSC 119

• Tuesday, 27 Aug 2019 - 20:55 WIB

Kendari - Kabar gembira buat masyarakat kota Kendari. Pemkot Kendari diwakili Sekda Kendari Nahwa Umar, melaunching layanan Public Safety Centre PSC 119 dan Ambulance SI TAMPAN (Sigap, Tepat, Aman, Profesional dan Sopan) Dinas Kesehatan Kota Kendari, di ruang Pola Pemkot Kendari, Selasa (27/08/2019).

PSC 119 Merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan milik pemkot Kendari. Layanan ini diberikan pemkot Kendari secara gratis untuk pertolongan pertama kegawat daruratan medis yang terjadi di wilayah kota Kendari dengan cepat dan tepat. Masyarakat kendari apabila terjadi atau mengetahui kegawatdaruratan medis bisa menghubungi call centre yang disediakan dinas kesehatan kota kendari melalui telpon 119 atau 0811 402 119.

"PSC merupakan amanah dari instruksi presiden nomor 4 tahun 2013 yang menyatakan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Indonesia harus memiliki PSC sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah," ujar Nahwa Umar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum ditemui selepas acara launching tersebut mengatakan, ada lima tugas pokok dari layanan Si Tampan, yaitu memberikan tindakan pertama pada kasus kegawatdaruratan, evakuasi pasien dari tempat kejadian ke tempat pelayanan kesehatan, pemberian infornasi kesehatan, pelayanan antar jemput khususnya pasien ibu hamil/melahirkan serta mengkoordinasikan dengan pelayanan kesehatan. 

Saat ini sudah tersedia Ambulance SI TAMPAN di setiap Puskesmas yang ada di Kota Kendari, dimana disetiap ambulance SI TAMPAN diawaki tenaga kesehatan dan sopir terlatih dalam memberikan pertolongan. (Hengky)