Ketua DPR Yakin Ada Pihak Asing dalam Kerusuhan Papua

• Thursday, 29 Aug 2019 - 14:42 WIB

JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini ada penumpang gelap dalam kerusuhan di beberapa daerah Papua. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini tak membantah adanya anasir asing dalam kerusuhan tersebut.

"Ya itu sudah pasti. Dari awal konflik ini saya anggap memang ada penumpang-penumpang gelap, terutama yang kita cium dari pihak asing yang ingin memisahkan Papua dengan Indonesia," ujar Bambang Soesatyo di Posko Bamsoet, Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 57, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Politikus Partai Golkar ini kembali menyampaikan keprihatinannya atas kerusuhan di Papua. "Saya minta pihak keamanan untuk melakukan langkah-langkah yang komprehensif sehingga suasana Papua semakin kondusif," katanya.

Bamsoet mengatakan, pimpinan TNI dan Polri sudah ke Papua untuk membantu menyelesaikan masalah di Papua. "Kita berharap itu bisa selesai secara permanen," ucapnya.

Dia pun menyesalkan terjadinya peristiwa yang mengarah kepada konflik bernuansa suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di Surabaya Jawa Timur saat pengepungan asrama mahasiswa Papua. 

"Yang memicu daripada eskalasi ini. Maka kita berharap tidak terjadi lagi karena bagaimana pun Papua adalah bagian dari Indonesia," tegasnya.

(Sumber: Sindonews)