Inovasi Berbasis Digital Pemkot Kendari, Menarik Kunjungan Puslatbang KMP LAN RI Makassar

• Thursday, 29 Aug 2019 - 17:19 WIB

Kendari - Pelayanan publik berbasis digital yang dicanangkan Pemerintah Kota Kendari telah menarik pihak luar untuk datang langsung mempelajari dan mengimplementasikannya.

Rombongan Puslatbang KMP LAN RI 
(Pusat Pelatihan & Pengembangan & Kajian Manajemen Pemerintahan - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia di Makassar, mengunjungi kota Kendari untuk melihat secara langsung layanan berbasis digital yang berada di tiga instansi di Kota Kendari.

Pemerintah Kota Kendari melalui Plh.  Sekda dan asisten III, Agus Salim, mendampingi rombongan dari Makkar  mengunjungi beberapa instansi diantaranya dinas PUPR Kota Kendari, Dinas PTSP dan RSUD Kota Kendari.

"Mereka akan belajar melihat implementasi program yang sudah dicanangkan oleh Wali Kota Kendari, seperti yang ada di PTSP sicantik cloud, PUPR jendela informasi dan RSUD Kota Kendari PSC 119," Ujarnya.

Agus Salim merasa bersyukur dengan kunjungan LAN Makasar untuk datang belajar inovasi yang ada di Kota Kendari.

"Kami tentu dari dari pemerintah kota sangat bersyukur karena dari berbagai daerah, Kota Kendari menjadi pilihan artinya ada sesuatu sehingga kita perlu syukuri," tambahnya.

Ditempat terpisah, Nurwahyudianti, Kepala Bidang Pelatihan dan pengembangan Puslatbang KMP LAN RI Makassar mengatakan, maksud kunjungan ke Pemkot Kendari adalah untuk melihat inovasi pelayanan publik maupun reformasi birokrasi yang sudah diimplementasikan oleh pemerintah kota Kendari.

Yayu menjelaskan sebelumnya telah mendapatkan informasi bahwa banyak inovasi menarik yang ada di kota lulo ini.

"Kita mau lihat detail pengelolaannya, bagaimana inovasi itu bisa muncul, bagaimana diimplementasikan, bagaimana dikelola dan bagaimana secara berkelanjutan ini tetap berjalannya. Selain itu bagaimana mendorong inovasi lain terus bermunculan, sehingga proses pelayanan publik yang dilakukan di Kota Kendari terus melakukan hal yang baru sesuai dengan kebutuhan terbaru masyarakat Kota Kendari," bebernya.

Hari ini, Kamis (29/8/2019), rombongan  berjumlah 40 orang itu mulai berkunjung ke tiga instansi untuk mendapatkan informasi kemudian mengimplementasikannya ditempat mereka bekerja.

"Peserta ini adalah para pejabat Eselon 4 yang akan membuat rancangan Inovasi proyek perubahan. Dari kunjungan mereka disini mereka akan mengadopsi atau mengadaptasi, mendapatkan inspirasi bagaimana membuat hal serupa atau hal yang lebih baru," jelas Yayu.

Peserta yang hadir di Kota Kendari berasal dari instansi pusat dari 19 lembaga kementrian dan 22 lembaga daerah. (Hengky)