Kondisi Masih Mencekam, Warga di Jayapura Gelar Ronda Malam

Edy Siswanto, Antara • Friday, 30 Aug 2019 - 10:30 WIB

JAYAPURA - Kondisi Kota Jayapura, Papua, setelah aksi unjuk rasa yang berujung rusuh pada Kamis (29/8/2019) pagi hingga petang membuat para warga khawatir. Mereka bahkan menggelar ronda untuk menjaga keamanan lingkungannya.

Pantauan wartawan di Dok 8, Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura, warga bergiliran melangsungkan ronda sejak Kamis malam hingga Jumat subuh. Bukan hanya kaum pria, wanita pun ikut berpartisipasi menjaga lingkungan sekitar.

Kemudian, sebagian warga masih bertahan di kantornya atau sejumlah fasilitas milik negara, karena tidak dapat pulang ke rumah. Kondisi di sana hingga malam tadi memang belum bisa dipastikan kondusif dan aman.

Sementara pada Kamis malam, jalan raya gelap lantaran listrik padam. Banyak jalanan yang diblokir warga. Batu sisa bentrok hingga sampah botol air mineral berceceran di jalan. Sejumlah bangunan yang dibakar massa, tampak masih mengeluarkan asap.

Sekitar pukul 21.00 WIT, massa yang menduduki kantor Gubernur Papua di Jayapura baru membubarkan diri. Terlihat juga di beberapa jalan besar, ada aksi penjarahan pada toko-toko yang dibakar, membuat situasi di wilayah tersebut mencekam.

Dalam aksi tersebut, massa sempat membakar beberapa gedung pertokoan di sepanjang kawasan Abepura, Entrop dan Jayapura. Lalu kantor Telkomsel, Pos Jayapura, Bank Indonesia, Mall Jayapura hingga RS Provita Jayapura ikut menjadi korban.

(Sumber: INews)