Pria Tertua di Uganda Meninggal Dunia Dalam Usia 134 Tahun

Nathania Riris Michico • Friday, 30 Aug 2019 - 10:41 WIB

KAMPALA - Seorang pria tertua di Uganda meninggal dunia dalam usia 134 tahun. Pria bernama Yohana Ahuruma itu lahir di Bunyangule ketika orang-orang Uganda masih mengenakan pakaian dari kulit kayu.

"Berita duka datang dari Yohana Ahuruma, seorang lelaki yang diyakini sebagai orang tertua di Uganda, meninggal dunia pada usia 134 tahun," demikian laporan New Vision Daily, seperti dikutip Anadolu, Jumat (30/8/2019).

"Para misionarislah yang memperkirakan usia saya. Ketika saya dibaptis tahun 1895, mereka memutuskan bahwa saya berusia 10 tahun," tulis harian itu, mengutip kata-kata Ahuruma dua tahun silam.

Pada Oktober 2016, Presiden Uganda Yoweri Museveni membangun sebuah rumah untuk Ahuruma setelah menemuinya di State House, Entebbe, pada Oktober 2016.

Saat itu, penglihatan Ahuruma masih normal, meskipun dia terkena infeksi mata.

Menurut New Vision, Ahuruma lahir di Bunyangule lebih dari 130 tahun lalu saat orang-orang di sana masih mengenakan kain dari kulit kayu.

Dia menikahi enam istri. Dua tahun lalu dia sempat memberi tahu New Vision bahwa dua anaknya masih hidup, termasuk putrinya, Hannifer Byabanyagi, yang merawatnya.

(Sumber: INews)