Dinas Penanaman Modal Kota Kendari Menjadi Role Model Pelayanan Publik

• Friday, 30 Aug 2019 - 17:32 WIB

Kendari - Pemerintah Kota Kendari memiliki visi misi yang berbasis ekologi, teknologi informasi sehingga segala program kegiatannya berpihak pada lingkungan dan pelayanan cepat ke masyarakat. Dengan beberapa inovasi yang sudah diterapkan, salah satunya pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari.

Menurut Kabid Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KMP LAN RI di Makassar, Nurwahyudianti, hasil kunjungan kelompok I, peserta pelatihan kepemimpinan tingkat IV Angkatan XIII Tahun 2019 pada DPMPTSP mendapati ada beberapa terobosan yang bisa menjadi pembelajaran, antara lain: Pelayanan Three In One Services With Self Assessment, yaitu 1 berkas untuk mendapatkan 3 izin, One Hour Service, untuk izin perpanjangan dapat ditunggu, Morning NO BAPER (Ngobrol Bareng Perijinan) berupa kegiatan menjaring saran dan masukan dari pengguna layanan dan digunakan sebagai sarana sosialisasi program dan standar-standar pelayanan yang ada pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Kemudian ada Penyediaan Sistem Antrian elektronik dan android, E-Signature, serta Penggunaan Sistem Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SiCantik) Cloud.

Fokus utama inovasi pelayanan publik pada DPMPTSP adalah penggunaan Aplikasi SiCantik Cloud yang diadopsi secara gratis dari Kominfo. Aplikasi SiCantik Cloud ini, mempunyai beberapa fitur penunjang di dalamnya. Di antaranya, permohonan perizinan, verifikasi dan penandatangan perizinan. Di fitur tanda tangan itu, bisa ditelusuri sertifikat elektronik berbentuk file soft copy (file P12) dari warga yang mengurus izin di DPM-PTSP Kota Kendari.

Secara umum, DPMPTSP sampai dengan saat ini terus melakukan peningkatan pelayanan publik. Terobosan yang dilakukan itu dapat tercapai dengan berbagai upaya, antara lain: “MAKING CHANGE, MAKING HISTORY” yang sangat menggambarkan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Kendari, yang awalnya tidak dilirik, namun dengan melakukan perubahan dan peningkatan kinerja, saat ini menjadi salah satu role model pelayanan publik di Kota Kendari. (Hengky)