KPK, Pentingnya Peran Masyarakat Dalam Optimalisasi Pendapatan Daerah di Sulawesi Tenggara

• Saturday, 31 Aug 2019 - 23:38 WIB

Kendari - Seluruh kabupaten kota di Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Bank Sultra akan memasang alat rekam pajak pada usaha hotel, restoran, hiburan, dan parkir. Pemasangan alat rekam tersebut dipantau oleh KPK secara online, juga oleh kejaksaan negeri dan kepolisian setempat.

KPK menghimbau agar seluruh masyarakat se-Sulawesi Tenggara melakukan pengawasan dan meminta struk pembelian sebagai bentuk pelaksanaannya. 

Struk yang diberikan mencantumkan nominal pajak daerah yang wajib disetorkan Wajib Pungut (WAPU) kepada Pemda. 

Pemasangan yang sudah dilakukan adalah Kota Kendari sebanyak 103 alat dan Baubau sebanyak 69 alat. Dari hasil evaluasi sementara, masih banyak WAPU yg belum kooperatif dalam menggunakan alat rekam pajak. 

Perlu masyarakat ketahui, WAPU sudah memungut pajak dari para pembeli (konsumen) dan seharusnya pajak tersebut disetor seluruhnya ke Pemda. Jika struk tidak diberikan maka pajak berpotensi tidak disetorkan kepada Pemda. Oleh karena itu KPK menghimbau agar masyarakat meminta struk pembayaran untuk mendorong WAPU menggunakan alat rekam pajak dan memastikan pajak disetorkan ke Pemda untuk pembangunan daerah masing-masing.

Seperti diketahui Jumat, 23/08/2019 Tim Korwil VIII Korsubgah KPK melakukan Monev lapangan di sejumlah rumah makan dan hotel yang ada di Kota Kendari, dan Korsubgah KPK berharap semua alat perekam pajak sudah terpasang sesuai target yang direncanakan diakhir tahun. (Hengky)