Tempat Penyulingan Minyak Ilegal Meledak, 1 Warga Luka Bakar

Berli Zulkanedy • Monday, 2 Sep 2019 - 15:07 WIB

MUSI BANYUASIN - Tempat penyulingan minyak ilegal kembali meledak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel. Kejadian kali ini terjadi di Desa Sugiwaras Kecamatan Babat Toman mengakibatkan satu korban luka bakar. Ledakan diduga berasal dari tungku minyak yang meledak, sehingga menyambar berbagai fasilitas di sekitar tempat masak minyak. Dengan cepat api menyambar apapun yang ada di sekitar termasuk dua mobil.

Pekerja dan warga yang mengetahui kejadian itu langsung bergotong royong melakukan pemadaman dengan menyiramkan air.

Camat Babat Toman, Muhammad Aswin membenarkan telah terjadi kebakaran tempat penyulingan minyak, dimana lokasi tersebut berada tidak jauh dari simpang masuk pabrik karet PT Pinago Utama Km 2 Desa Sugiwaras. 
 

"Sore kemarin terbakar. Dari warga sekitar, api berasal dari mesin pompa dan menyambar tungku minyak, seketika api dengan cepat membesar dan merambat kebangunan yang ada di lokasi kejadian. Satu warga luka bakar dan sudah mendapatkan perawatan medis," kata dia, Senin (2/9/2019).

Terpisah, Kepala Desa Sugiwaras Zainal, mengatakan lokasi tersebut masuk dalam wilayahnya. Dan sebagai Kepala Desa Sugiwaras, Pihak pemerintahan desa tak tahu aktifitas tersebut.

"Kalau dari pemerintah desa kami tidak tahu hal ini, kalau masalah izin kita bisa pastikan tidak ada alias illegal," tandas dia.

Sebelumnya, tempat penyulingan minyak juga meledak di tengah pemukiman warga pada Kamis (19/8/2019) lalu di Kelurahan Babat Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Muba, Sumsel.