Kemarau, Waspada Bencana Kebakaran

• Monday, 2 Sep 2019 - 17:04 WIB

Kendari - Saat ini Kota Kendari sedang dilanda musim kemarau, sehingga kondisi yang terik berkepanjangan berpotensi memicu bencana kebakaran yang bisa terjadi kapan saja.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk itu, masyarakat kota Kendari diminta agar lebih waspada.

Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Kendari, Junaidin Umar menghimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi kebakaran saat musim kemarau melanda.

"Kemungkinan kebakaran memang besar terjadi pada saat musim kemarau dibandingkan musim lainnya," tuturnya saat ditemui awak media di halaman kantor walikota kendari Senin (2/9/2019).

Saat ini di kota Kendari terdapat beberapa lahan kosong seperti di kecamatan Baruga. Sehingga kondisi panas hingga mencapai 34° celcius yang berkepanjangan, bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Alasannya sumber nyala tak hanya terjadi akibat api yang menyambar, tetapi gesekan benda padat pun dapat menimbulkan percikan.

Untuk menghalau itu, Damkar Kendari memiliki tujuh unit mobil damkar yang siap dioperasikan apabila kebakaran terjadi. Tak hanya itu Damkar Kendari juga memiliki personel yang standby 24 jam.

"Kami punya tiga pleton, dua untuk misi pemadaman, satu peleton untuk misi penyelamatan," tuturnya. (Mus)