8.000 Pasukan Biru Terus Bergerak Cegah Banjir Jakarta

Muhamad Rizky • Tuesday, 3 Sep 2019 - 17:13 WIB

JAKARTA - Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan, telah mengerahkan 8.000 personel untuk melakukan pengerukan sungai dan waduk guna mencegah banjir ketika masuk musim penghujan.

"Sekitar 8.000 personel pasukan biru untuk bergerak melakukan upaya pencegahan genangan dan banjir. Pompa stasioner dan portabel juga kita pastikan dalam kondisi baik agar selalu siap digunakan," kata Juani saat di konfirmasi, wartawan, Selasa (3/9/2019).

Selain melakukan pengerukan, petugas juga menyiapkan sejumlah pompa penyedot air untuk mengantisipasi genangan yang kerap terjadi di underpass.

"Saat ini pengoperasian pompa di bawah Dinas Marga. Tugas kami adalah mematikan kolam di sekitar underpass yang memiliki daya tampung maksimal," ungkapnya.

Menurut Juani, atisipasi itu sangat penting dilakukan sebab diwaktu musim penghujan air akan cepat datang sehingga bisa diantisipasi dengan cepat. "Kita perlu cepat, kalau pompa terlambat dioperasikan bisa berimbas pada terjadinya genangan," paparnya.

Dinas SDA kata dia, juga melakukan pemantauan terhadap sejumlah saluran air disekitar lokasi objek pembangunan untuk memastikan agar aliran air tidak teehabat.

"Jangan sampai saluran yang ada tertutup material proyek sehingga terjadi penyumbatan. Termasuk, tali-tali air kita cek. Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan dapat membuahkan hasil maksimal mencegah genangan dan banjir," tuturnya.