Cegah Gangguan Kesehatan Saat Kemarau, Dinkes Kendari Himbau Jaga Pola Hidup Sehat

• Wednesday, 4 Sep 2019 - 12:58 WIB

Kendari - Saat ini kondisi cuaca di Kota Kendari telah memasuki musim kemarau. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari, Rabu 4 September 2019 merilis perkiraan cuaca untuk daerah Kota Kendari dengan suhu udara mencapai 32°C.

Pada saat musim kemarau, udara akan menjadi lebih kering dan berdebu. Sehingga gangguan kesehatan rentan terjadi. Menghadapi kondisi cuaca saat ini, masyarakat perlu meningkatkan pencegahan terhadap gangguan kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengimbau kepada masyarakat kota Kendari agar tetap menjaga pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan.

Rahminingrum menjelaskan masalah kesehatan yang kadangkala timbul saat kemarau diantaranya seperti ISPA, diare, dan flu karena kondisi debu.

"Saat musim kemarau melanda tetap mengutamakan air minum yang kita konsumsi sebelumnya dimasak dengan baik," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum.

Selain itu musim kemarau akan mempengaruhi terhadap kondisi air bersih sehingga masyarakat perlu meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama dalam pengolahan air bersih sebelum dikonsumsi.

"Kuncinya di PHBS, contoh kecil kalau makan jangan lupa cuci tangan," pungkasnya. (Mus)