BPJS Kesehatan Apresiasi Layanan Klinik Madani di Manado

• Wednesday, 4 Sep 2019 - 19:24 WIB

Manado - Di antara persepsi publik yang kurang baik soal pelayanan BPJS Kesehatan, ternyata masih ada pelayanan yang bagus di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes 1). Adalah Klinik Madani di Manado, Sulawesi Utara, yang berhasil menjadi Klinik Terbaik dalam BPJS Award 2018. Dalam tinjauan di Klinik Madani hari ini (/9/2019), Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris kagum atas pelayanan pasien.

"Ini bisa jadi percontohan untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama. Ada lho pasien yang rumahnya jauh, memilih Klinik Madani karena layanan," kata Fahmi. Tidak mudah memang untuk melayani pasien BPJS Kesehatan dengan jumlah 9.000 pasien. Kuncinya adalah pelayanan prima, baik fasilitas maupun ketersediaan dokter.

Sementara dokter Suyanto Yusuf, pendiri Klinik Madani, mengakui, pasien yang datang setiap hari mencapai 150 orang. Dengan aplikasi, para pasien bisa mendaftar dari rumah dan tahu jam berapa bisa ditangani.

"Pasien harus kami utamakan. Makanya klinik tidak pernah libur meski hari besar," kata pemilik klinik di Kawasan Tumiting, Manado, ini.

Selain layanan dokter umum, ada juga dokter gigi dan persalinan. Yang juga menarik ada layanan pasien khusus diabetes.

"Ada 40 pasien yang kami tangani. Konsultasi buat mereka, dari soal makan dan gaya hidup untuk bisa dipantau.

Selain penghargaan untuk Klinik, BPJS Kesehatan juga memberi penghargaan untuk Fasilitas Dokter Gigi, Dokter Praktik Bersama, Rumah Sakit berbagai tipe, Apotik, dan Puskesmas di daerah terpencil. (SET).