Database Berisi Nomor Telepon Pengguna Facebook Bocor ke Dunia Maya

Dini Listiyani • Thursday, 5 Sep 2019 - 11:14 WIB

MENLO PARK - Facebook kembali dilanda kabar tidak sedap mengenai data privasi pengguna. Ratusan juta nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook bocor ke dunia maya.

Peneliti keamanan yang tergabung sebagai member GDI Foundation bernama Sanyam Jain menemukan database online. Database berisi nomor telepon yang ditautkan dengan ID pengguna lebih dari 419 juta.

Mengutip The Nex Web, Kamis (5/9/2019), data tampaknya juga mencakup nama, jenis kelamin, dan negara asal pengguna. Server yang terpapar ini tidak dilindungi dengan password, jadi siapa pun dapat mengakses informasi di dalamnya.

Sayangnya, tidak jelas siapa orang yang menarik data Facebook ini dan alasan mereka mengunggahnya secara online. Padahal, Facebook sudah menghapus data sebelum memutuskan memotong kemampuan ke nomor telepon pengguna.

"Database ini sudah tua dan tampaknya memiliki informasi yang diperoleh sebelum kami membuat perubahan tahun lalu untuk menghapus kemampuan orang menemukan yang lain menggunakan nomor telepon mereka. Dataset telah dihapus dan kami tidak melihat bukti akun Facebook dikompromikan," kata juru bicara Facebook yang dikutip dari Tech Crunch.

Seperti diketahui, Facebook telah lama membatasi pengembang mengakses nomor telepon pengguna. Raksasa jejaring sosial ini juga mempersulit pencarian nomor telepon teman-teman.

Tapi, data tersebut tampaknya dimuat ke dalam database yang terbuka pada akhir bulan lalu. Namun, ini tidak berarti data yang terbuka itu baru.

Kebocoran terbaru ini adalah contoh data terbaru yang disimpan secara online dan publik tanpa password. Meskipun sering dikaitkan dengan kesalahan manusia dibanding pelanggaran berbahaya, bocoran data tetap merupakan masalah keamanan.

 

(Sumber : iNews.id)