Konser Akbar Monas "Jakarta Bersorak"

ITK • Thursday, 5 Sep 2019 - 16:57 WIB

JAKARTA –  Konser Akbar Monas 2019 “Jakarta Bersorak” yang merupakan konser musik klasik untuk pertama kalinya akan dilakukan di ruang terbuka Monas Jakarta.

Musik  orkestra atau klasik selama ini dipandang sebagai  musik yang eksklusif dan hanya untuk kalangan tertentu. Tapi kali ini ada yang berbeda, karena dalam waktu dekat musik orkestra ini akan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan bahkan diadakan di tempat terbuka dan bisa dihadiri gratis!

Adalah Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS) yang rencananya akan mengadakan konser musik klasik ini bertempat di lapangan Monas pada hari Minggu, tanggal 8 September mendatang mulai pukul 18.30 WIB. Pagelaran seni musik ini merupakan konser musik klasik yang pertama kali dilakukan di area terbuka di Indonesia, secara khusus di ibukota Jakarta.

Ketua Panitia, Timothy Siddik menyampaikan tujuan diadakannya Konser Akbar Monas 2019 ini bahwa mereka ingin memperkenalkan seni budaya yang tinggi kepada warga masyarakat secara luas. Dan dipilihnya Monas sebagai lokasi konser karena Monas merupakan ikon Jakarta bahkan Indonesia yang sering dikunjungi warga serta terkenal di dunia.

“Kami berharap dengan konser klasik kali ini di tempat terbuka seperti Monas yang merupakan ikon besar, bisa lebih mengangkat taraf kita pun sebagai warga Jakarta dan Indonesia di mata dunia,” ungkap Timothy. “Dan harapan kami pun agar  warga bisa menikmati musik klasik dengan mudah bahkan gratis.” tambahnya lagi.

Sementara itu, Rebecca Tong, Resident Conductor Jakarta Simfonia Orkestra mengatakan bahwa mereka akan membawakan beberapa karya-karya besar Mozart, Tchaikovsky dan juga Beethoven yang disertai dengan choir besar dan full orchestra. “Tapi jangan takut, lagu-lagu klasik yang dibawakan nanti sengaja memang dipilih yang sudah familiar dan yang tidak berat agar warga masyarakat bisa menikmati dengan mudah,” ungkap Rebecca. “Dan walaupun tidak mudah dalam aransemennya, kami pun ada wacana membawakan lagu-lagu nasional atau daerah dalam Konser Akbar kali ini, doakan saja kami bisa membawakannya.” tambahnya lagi.

Rebecca sendiri akan bertindak sebagai conductor dalam 4 karya klasik yang dibawakan oleh sekitar 60 anggota Jakarta Simfonia Orkestra untuk menghibur warga Jakarta.

Ada cerita menarik dari dipilihnya lagu terakhir sebagai lagu pemuncak, yaitu Beethoven 9 Movement 4.

“Karya ini sengaja kami pilih sebagai simbol untuk menyatukan semua warga masyarakat, karena ada cerita ketika keruntuhan tembok Berlin, karya inilah yang mereka mainkan untuk menyatukan Berlin Barat dan Timur,” cerita Rebecca, “Dan kami ingin ini juga menjadi simbol bagi kesatuan masyarakat kita sekarang.” ungkapnya dengan semangat.

Melalui konser musik ini diharapkan semangat Bhinneka Tunggal Ika akan terekspresikan secara nyata di mata dunia, bahwa bangsa Indonesia itu beragam  namun tetap dan akan selalu satu.

Penasaran seperti apa megahnya konser musik klasik di tempat terbuka? Pastikan anda menjadi bagian dalam Konser Akbar Monas “Jakarta Bersorak!”  dengan menghadiri konser ini, Minggu 8 September 2019 di kawasan Monas, Jakarta mulai pukul 18.30 WIB. Konser ini sekali lagi terbuka untuk umum dan gratis!

 

(ITK)