Merasakan Kejamnya Fitnah dalam Angel Has Fallen

• Sunday, 8 Sep 2019 - 16:43 WIB

Usaha pembunuhan terhadap Presiden Amerika Serikat Allan Trumbull (Morgan Freeman), berhasil digagalkan. Presiden dinyatakan masih hidup meski berstatus koma. 

Namun, belasan personil Secret Service tewas mengenaskan. Serangan drone mematikan telah merenggut seluruh tim yang mengawal presiden saat memancing di danau terpencil. 

Nyawa presiden terselamatkan berkat usaha maksimal agen Mike Banning. Kenyataan tersebut tak masuk akal bagi orang lain. Tanpa saksi, berbagai pihak, mulai dari polisi federal, pemerintah, sampai sesama anggota paspampres ikut menuding, Mike adalah otak di balik rencana penghilangan nyawa presiden. 

Apalagi, Mike terbukti sebagai satu-satunya paspampres, yang luput dari tembakan drone. 

Mike yang merupakan orang kepercayaan, sekaligus malaikat penjaga Presiden Trumbull, harus menghadapi kenyataan pahit. Malaikat telah jatuh ke dalam dosa terbesarnya, yaitu pengkhianatan. 

Agen senior yang sedang digadang-gadang menjadi Direktur Secret Service tersebut, berbalik menjadi buronan. Kesetiaannya pada Amerika Serikat, diragukan. Mike bahkan dituduh bekerja sama dengan pemerintah Rusia. 

Mike berusaha membuktikan, dirinya tidak bersalah. Dia bahkan mengetahui siapa dalang sesungguhnya dari kekacauan tersebut. Dalam pelariannya, Mike menggunakan segala kemampuannya sebagai prajurit pengawal presiden, untuk menghindari kejaran polisi, menemukan pertolongan sejati, dan menemui kembali Presiden Trumbull, sebagai atasan sekaligus satu-satunya saksi, yang dapat membuktikan kesetiaan Mike. 

Dengan pola action tembak-menembak yang seru, Angel Has Fallen tetap melanjutkan tradisi ketegangan yang dibangun dalam Olympus Has Fallen (2013) dan London Has Fallen (2016). 

Penonton diajak betah duduk sepanjang film, untuk larut dalam adegan demi adegan. Meski tak ada elemen kejutan, kisahnya terasa relevan dengan dugaan campur tangan asing dalam pemilu AS. 

Selain itu, aktor Gerard Butler dan Morgan Freeman juga tampil meyakinkan dalam relasi paspampres dan presidennya. 

Dalam ketangguhannya, Butler menunjukkan kelemahan fisik yang bisa menimpa siapa saja, termasuk anggota Secret Service sekalipun. Sedangkan Freeman seperti biasa, tampil bijak sebagai presiden yang tetap bisa berpikir jernih, meski sering difitnah dan dihujat, bahkan berada dalam ancaman nyawa. 

Tak hanya berusaha melindungi presiden, Angel Has Fallen menekankan pada kejamnya fitnah dan kebohongan, serta bagaimana melawannya dengan sekuat tenaga. 

Genre: Action

Sutradara: Ric Roman Waugh 

Pemeran:  Gerard Butler, Morgan Freeman, Jada Pinkett Smith, Lance Reddick, Tim Blake Nelson, Piper Perabo, Nick Nolte, Danny Huston. 

Durasi: 2 jam 

Studio: Lionsgate dan Millennium Media

Mulai tayang hanya di bioskop XXI: 21 Agustus 2019