PDAM Kendari Pastikan Ketersediaan Air Bersih Tetap Aman Saat Kemarau

• Monday, 9 Sep 2019 - 09:05 WIB

Kendari - Selama musim kemarau melanda Kota Kendari, ketersediaan air bersih dipastikan tetap aman.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari, Damin mengatakan, pengambilan air dalam Kota Kendari yang bersumber dari empat titik yakni Sungai Konaweha, Matabondu, Anggoya dan Sungai Wanggu dalam posisi aman, sekalipun sampai bulan Oktober mendatang.

"Sebenernya kalau persoalan musim kemarau, untuk Sulawesi Tenggara, Utamanya Kota Kendari itu sumber air masih aman, artinya sekalipun agak panjang musim kemarau, kami masih dalam kondisi aman, dan itu berlaku setiap tahun," Ujar Damin,  (8/9/19).

Meskipun begitu, dikhawatirkan sumber air dari sumur galian akan mengalami kekeringan saat kemarau panjang,  sehingga kebutuhan air semakin bertambah.

"Kami sudah berupaya semaksimal mungkin, saat ini kami sudah operasikan dua pompa, tetapi itupun kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat karena pekerjaan pompa ini memang harus memerlukan waktu yang agak lama," katanya.

"Debit Sungai Konaweha itu 90.000 liter per detik ketika angka normal, dan ketika musim kemarau angkanya surut sekitar 50 persen, berarti hanya 45.000 liter per detik, sementara yang kami ambil hanya 400 liter per detik, berarti posisinya masih tetap aman," ujar Damin.

Menghadapai musim kemarau, Damin menghimbau masyarakat, agar lebih berhemat dalam menggunakan air bersih, termasuk yang bukan pelanggan PDAM. Karena selama musim kemarau, kebanyakan sumur-sumur akan mengalami kekeringan. (Mus)