Ditilang, Belasan Pengemudi Mengaku Lupa Hari Ini Penindakan Ganjil Genap

Ari Sandita Murti • Monday, 9 Sep 2019 - 11:32 WIB

JAKARTA - Belasan kendaraan pelat genap ditilang petugas Ditlantas Polda Metro Jaya di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Sejumlah pengemudi pun berdalih lupa bila mulai hari ini diberlakukan penindakan terhadap pelanggar kebijakan sistem pembatasan kendaraan bermotor tersebut.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Lupito mengatakan, mulai hari ini pengendara yang kedapatan melanggar kawasan perluasan ganjil genap mulai ditindak dengan tilang. Dan pada Senin (9/9/2019) pagi tadi, sudah ada sebanyak empat kendaraan yang ditilang.

"Pagi tadi sudah ada empat kendaraan yang dilakukan penilangan, saya belum monitor di wilayah lainnya," kata Syafrin di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019).

Berdasarkan pantauan SINDOnews, sejak pagi hingga menjelang siang pukul 09.20 WIB sudah ada lebih dari 15 kendaraan roda empat yang dilakukan penilangan oleh anggota kepolisian di Jalan Fatmawati ini.

Salah satu pengendara yang terkena tilang, Sandi menuturkan, kerap melintasi Jalan Fatmawati setiap harinya ke tempat kerjanya kawasan Blok M. Namun, hari ini dia lupa kalau kawasan Jalan Fatmawati sudah mulai diberlakukan penindakan.

"Saya kalau ke Blok M biasanya lewat Fatmawati, dari kemarin sudah tahu ini masuk perluasan ganjil genap karena kan ada sosialisasinya. Cuman hari ini itu saya benar-benar lupa sudah mulai penindakan, saya kira masih sosialisasi saja," katanya.

Pengendaran mobil lainnya yang jumlahnya belasan itu juga rata-rata beralasan mereka lupa kalau hari Senin (9/9/2019) ini sudah dilakukan penerapan ganjil genap. Namun, ada juga yang beralasan mereka tak tahu adanya perluasan ganjil genal lantaran jarang melintasi Jalan Fatmawati.