Kuliner Pintar Banyuwangi, Kolaborasi PLN dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

• Tuesday, 10 Sep 2019 - 19:59 WIB

Banyuwangi – Sebagai inisiatif dalam mengimplementasikan Electrifying Lifestyle dan pengembangan SPLU Net (Stasiun Penyedia Listrik Umum – Internet), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Icon+ dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi resmikan Kuliner Pintar Banyuwangi di area Taman Blambangan Banyuwangi, Senin (9/9). Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol bersama-sama oleh Bupati Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, General Manager PLN UID Jawa Timur, Bob Saril beserta jajaran, Vice President Strategi Pemasaran Bisnis Inovatif PLN Kantor Pusat, Iman Faskayana, serta General Manager Icon Plus Jawa Timur Moh. Shodiq.

 

Kuliner Pintar Banyuwangi ini bertujuan untuk mewujudkan suatu wisata kuliner yang modern, ramah lingkungan, dan cocok menjadi spot selfie bagi masyarakat umum. Isi dari Kuliner Pintar Banyuwangi ini adalah semua warung-warung yang terdapat di kawasan Taman Blambangan tersebut sudah menggunakan kompor induksi bertenaga listrik, penggunaan tenaga listriknya disuplai langsung dari 6 buah SPLU Net yang sudah terpasang lengkap dengan jaringan internet yang dapat diakses semua pengunjung.

Acara dibuka dengan pemberian santunan secara simbolis dari YBM PLN senilai 30juta rupiah kepada  anak yatim melalui Yayasan Yatim Mandiri dilanjutkan dengan Tarian Ja’ripah khas Banyuwangi. Mendapat antusias yang meriah, acara ini juga dihadiri oleh seluruh dinas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, seluruh forpimda, serta masyarakat umum.

 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Bob Saril menyampaikan,”Keberadaan Kuliner Pintar ini merupakan terobosan baru dari kami untuk mendukung pemerintah mengembangkan sektor usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain penyediaan listrik melalui SPLU juga disediakan internet untuk kawasan tersebut.”

 

Pada acara ini juga dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba “Kampoeng Terang” dengan tema Merdeka di Era Digital, yang telah diadakan oleh PLN. Perlombaan ini adalah perlombaan kepada kawasan yang memiliki gapura, taman, jalan, balai desa, jembatan, atau lainnya, dan dihias seindah mungkin dengan persyaratan menggunakan Layanan Sementara (PS) PLN dengan paket minimal Rp 170.845,-. Peringkat Harapan 1 diraih oleh Gang Dusun Sumberjo RT. 1, Juara 3 diraih oleh Taman Desa Watukebo, Juara 2 diraih oleh Gang Gapura Dusun Sumberjo RW. 1, dan Juara 1 diraih oleh Gang Sawung Galing Desa Olehsari.

"Kami berterimakasih, karena PLN telah memilih Kawasan Kuliner ini sebagai tempat untuk electrifying lifestyle, harapan kami kedepannya hal ini dapat menghadirkan lifestyle yang sehat, nyaman, dan mendorong wisatawan untuk terus tumbuh dari waktu ke waktu di Kabupaten Banyuwangi," ungkap Bupati Kabupaten Banyuwangi yang biasa dipanggil Pak Anas ini.

 

Pada acara ini juga ditampilkan berbaga variasi penerapan Electrifying Lifestyle seperti penggunaan kompor induksi, sepeda motor listrik GESITS, sepeda motor listrik VIAR, Ninebot Gokart, Ninebot Segways Minilite, dan Scooter listrik.
Kuliner Pintar ini perdana diterapkan di kawasan kuliner Banyuwangi oleh PLN bersama Pemerintah Kabupaten setempat sebagai pilot project, yang dimana keberhasilannya akan diterapkan oleh PLN unit-unit lainnya. (HMW)