Dampak Kebakaran Hutan Riau, Kabut Asap Selimuti Bandara Dumai

Dedi Iswandi • Friday, 13 Sep 2019 - 15:31 WIB

DUMAI - Kabut asap tebal menyelimuti Bandara Pinang Kampai Dumai, sehingga menganggu aktivitas penerbangan. Jarak pandang di sana hanya berkisar 200 meter.

Meski terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, pihak bandara tidak akan menutup jadwal penerbangan. Solusi sementara ini yakni menunda jadwal kedatangan dan keberangkatan.

Petugas Bandara Pinang Kampai Dumai, Hendriyan mengatakan, memang jarak pandang saat ini berkisar 200 - 500 meter saja. Padahal normalnya harus di atas 2.000 - 3.000 meter.

"Akibat jarang pandang terbatas ini, pesawat yang tiba mengalami keterlambatan," kata Hendriyan kepada wartawan di Bandara Pinang Kampai Dumai, Riau, Jumat (13/9/2019).

Begitu juga pesawat yang akan lepas landas dari Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, kata dia, akan terlambat. Sebab, kondisi di sana juga diselimuti asap tebal.

Bila kondisi kian memburuk, pihak bandara akan mengalihkan pesawat mendarat ke bandara terdekat. Namun petugas akan terus memonitor setiap satu jam terkait jarak pandang ini.

Selain itu, kabut asap pekat juga juga menyelimuti Kota Dumai. Akibatnya sekolah diliburkan sementara waktu. Pantauan BMKG ada 177 titik api yang tersebar merata di Provinsi Riau.

 

(Sumber : iNews.id)