Terpikat Keindahan Pantai Pangasan di Pacitan, Bisa Lihat Bukit Lanang

Vien Dimyati • Monday, 16 Sep 2019 - 10:59 WIB
Keindahan Pantai Pangasan (Foto : Instagram)

JAKARTA - Pantai ini menawarkan spot berbeda dibanding pantai-pantai lain di Pacitan, Jawa Timur. Tidak ada pasir putih atau pasir hitam, yang ada hanya bongkahan batu. Suasana yang tenang, menjadikan pantai ini cocok untuk melepas penat.

Pantai bernama Pangasan ini memang cukup populer di kalangan traveler. Terutama di kalangan wisatawan lokal, para penyuka touring dari luar daerah ataupun pemburu foto.

"Pantai pasti identik dengan pasir dan pemandangan laut yang luas, namun tidak untuk Pantai Pangasan. Di pantai ini, kalian bisa menikmati hijaunya persawahan yang berlatarkan lautan luas. Indah dan membuat terkesan orang yang datang. Foto by @leonarvin_, Inframe: @arrizalsy, @danarsibolang," tulis Instagram @wisata_jawatimur.ind, dikutip Senin (16/9/2019).

Pantai Pangasan terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat Kota Pacitan. Namun, untuk mencapai pantainya memang butuh perjuangan.

Anda harus melewati jalan setapak yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Setibanya di area parkir, Anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 200 meter. Medannya terjal dengan beberapa turunan yang curam.

Sebelum tiba di bibir pantai, Anda akan melewati hamparan persawahan layaknya karpet hijau ataupun kuning yang membentang luas. Batu karang besar yang indah juga mulai terlihat. Begitu pun suara deburan ombak yang sudah terdengar memecah kesunyian.

Keindahan samudera dan pemandangan alamnya bisa membuat siapapun yang datang terpesona. Keindahan pantai ini terletak di sisi baratnya. Di mana terdapat batu yang menjulang tinggi. Masyarakat setempat menamainya Gunung Lanang atau Bukit Lanang.

Spot ini menjadi landmark Pantai Pangasan. Sebenarnya, Gunung Lanang bukan gunung dalam arti sesungguhnya. Tempat ini seperti tanjung kecil yang terpisah dari daratan.

Di sisi timur Pantai Pangasan, ada sungai yang menjadi batas dengan wilayah lain, yaitu Pantai Sangklehan, yang secara administratif masuk wilayah Desa Katipugal.

Pantai sangklehan berpasir hitam dengan batu-batu karang. Airnya sangat jernih. Dari pantai ini, pemandangan Gunung Lanang masih terlihat jelas. Anda juga dapat menyaksikan Gunung Ganjuran dari sisi timur Pantai Sangklehan.

Di tebing sisi timur Pantai Sangklehan terdapat gua kecil yang tidak begitu luas. Di dalam gua banyak batu berbentuk bulat. Untuk masuk ke dalam gua harus menunggu ombak surut, karena pintu masuknya tepat berada di zona ombak pantai.

Saat ombak laut surut, Anda bisa bermain air laut ataupun mencari kerang. Banyak terdapat kolam kecil yang berair jernih dengan ikan-ikan hias di dalamnya, sangat cocok untuk berenang ataupun snorkeling. Saat surut, Anda bisa berenang di kolam-kolam kecil di pinggiran pantai.

Menikmati indahnya Pantai Pangasan, Anda tidak akan dipungut biaya. Cukup membayar parkir kendaraan saja, sekitar Rp2.000 - Rp5.000.

(Sumber: iNews)