Warga Surabaya Panik, Imbas Getaran Gempa Di Tuban

• Thursday, 19 Sep 2019 - 17:28 WIB

Surabaya - Getaran gempa yang terjadi di Tuban dengan magnitudo 6,0 juga terasa hingga Surabaya. Kondisi ini membuat karyawan yang berkantor di gedung tinggi di pusat Kota Surabaya panik karena merasakan getaran yang sangat kuat. 

Bahkan kegiatan training yang berlangsung di gedung Tower Mandiri di kawasan Embong Malang berhamburan. Mereka berlarian menyelamatkan diri  melalui tangga darurat. Salah satu karyawan di Tunjungan plaza yang berada satu kompleks dengan Tower Mandiri mengatakan, getaran sangat kuat sehingga membuat kepanikan. 

"Awalnya kami merasakan guncangan namun tidak kami anggap sebagai gempa karena kami tidak tahu. Setelah melihat berita baru kami tahu terjadi gempa," ujar Huda. Demikian juga karyawan yang berada di Gedung Bursa Efek Surabaya yang berada di Jl. Tais Nasution. Mereka panik dan berhamburan keluar gedung. 

"Meja saya bergetar, kemudian saya merasa seperti pusing saat berdiri, tapi kemudian ada yang bilang gempa dan meminta kami yang berada di Lantai 12 turun menuju lobby dan taman sekitar gedung," ujar Lukman. 

Lukman menambahkan setidaknya ada 2 getaran yang sangat terasa yaitu sekitar pukul 14.50 WIB dan 15.00 WIB. 

Namun sore ini situasi sekitar kawasan perkantoran di Tunjungan, Basuki Rahmat, atau Urip Sumoharjo yang sempat terlihat kepanikan masyarakat sudah terpantau normal. (Hermawan)