China Open 2019: Tontowi/Winny Kalah, Ganda Campuran Pulang Tanpa Gelar

Fitradian Dhimas Kurniawan • Friday, 20 Sep 2019 - 15:51 WIB

CHANGZOU - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandouw harus angkat kaki dari kejuaraan China Open 2019. Mereka gugur di babak perempat final usai kalah 22-24 dan 17-21 dari pasangan China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, Jumat (20/9/2019) siang.

Tampil di Olympic Sports Center Gymnasium, kedua pasangan memperlihatkan persaingan ketat sejak awal pertandingan. Wang/Huang lebih dulu menemukan momentum sehingga memimpin dengan skor 5-2.

Tontowi/Winny yang coba memberikan perlawanan mampu menyamakan skor jadi 6-6. Mereka bahkan berbalik unggul 11-7 saat interval.

Tapi sayang, Tontowi/Winny gagal menjaga permainan terbaiknya. Wang/Huang bisa mengejar ketertinggalan sehingga pertandingan harus deuce.

Di saat menentukan ini, kesalahan dibuat oleh Tontowi/Winny. Alhasil keadaan berbalik 24-22 untuk keunggulan Wang/Huang.

Pada game kedua, Tontowi/Winny berusaha bermain lebih agresif. Mereka kemudian bisa memimpin dengan skor 7-3. Wang/Huang sempat menyamakan angka menjadi 10-10. Tetapi Tontowi/Winny bisa memimpin 11-10 ketika mencapai interval.

Tak mau kembali disusul, Tontowi/Winny memperlebar jarak menjadi 14-11. Namun setelah itu mereka justru sering mati langkah. Kesempatan ini bisa dimaksimalkan dengan baik oleh pasangan China. Laga akhirnya ditutup dengan kemenangan 21-17.

"Kalau dari pola permainan, sebenarnya sudah cukup baik. Dengan menerapkan pola, kami bisa dapat banyak poin. Tapi saat sudah unggul, tanpa disadari berubah sendiri polanya. Kemarin kan konsisten, misalnya main no lob, ya no lob terus. Tadi di awal begitu, lawan tidak berkembang, tapi kami berubah pola lagi, jadinya main reli-reli," kata Tontowi di laman resmi PBSI.

Dia menyesali banyaknya kesalahan di pertandingan ini. Tontowi juga memberi saran untuk Winny yang kerap membuang-buang poin.

"Kalau ketemu pemain top harusnya sudah bisa belajar, sayang kan kalau hilang banyak poin. Sudah 16-9 unggul dan terkejar harusnya tidak boleh. Saya pun dulu mengalami ini ketika berpasangan dengan Cik Butet (Liliyana Natsir). Kalau sudah unggul, saya mati-mati sendiri, makanya sekarang saya coba kasih tahu Winny. Sebetulnya kalau fokus, dia bisa," tuturnya.

Karena kekalahan ini, Indonesia tidak punya wakil lagi di sektor ganda campuran. Sebelumnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja gugur di babak pertama. Sementara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di babak kedua.

(Sumber: iNews.id)