Tur Cina Daratan Bersama Abominable

• Friday, 4 Oct 2019 - 16:29 WIB

Genre: Animasi, komedi 
Sutradara: Jill Culton
Pengisi suara: Chloe Bennet, Tenzing Norgay Trainor, Albert Tsai
Durasi: Sekitar 1,5 jam
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 4 Oktober 2019

Distributor: United International Pictures Indonesia (Universal)

Jauh dari kesan menakutkan, "Abominable" (mengerikan) secara menggemaskan membawa penonton ke pegunungan Himalaya, melalui petualangan di Cina Daratan. 

Uniknya, tur ribuan kilometer ini menjelajahi obyek-obyek yang masih jarang dipasarkan. Diawali dari kota besar tempat asal para tokohnya, seperti Beijing atau Shanghai, kita diajak melihat keindahan sungai di Guilin, Pegunungan Kuning, Gurun Gobi, sampai Patung Buddha Raksasa di Leshan - Sichuan.

Pengalaman tersebut dimulai saat anak tanggung bernama Yi, tiba-tiba bertemu seekor yeti di atap apartemennya. Ditemani temannya, Jin yang hampir dewasa dan sangat gaul, serta penggemar basket Peng yang masih bersikap kanak-kanak, Yi bertekad memulangkan binatang tersebut ke rumahnya, di gunung Everest.

Perjalanan ke puncak dunia dihalangi Mr. Burnish, pengoleksi binatang terlindungi, yang sebenarnya membiayai penangkapan yeti dari alam liar. Dibantu ilmuwan hewan Dr. Zara, lengkap dengan petugas bersenjata bius, Mr. Burnish bertekad menangkap yeti dalam keadaan hidup atau mati, demi mengumpulkan uang.

Dalam keadaan terdesak, Yi, Jin, dan Peng, beserta yeti yang dinamai Everest, menjelajah berbagai tempat agar sampai ke pegunungan Himalaya. 

Everest menunjukkan berbagai kemampuannya mengendalikan alam di perjalanan. Yeti anak-anak itu bisa menyuburkan tanaman, membuat buah blueberry membesar, mendatangkan hujan, menggerakkan tanah seperti likuifaksi, membentuk aurora, dan masih banyak lagi.

Selain bertamasya di darat dan berhubungan dengan lingkungan, penonton cilik juga akan terpancing dengan serunya naik gunung, bermain biola ala Yi, berlatih basket seperti Peng, atau terinspirasi dengan pesan moral di sana-sini. 

Nasehat tentang pentingnya keluarga dan kegigihan hidup ditujukan untuk semua kalangan, dalam penggambaran pergulatan identitas anak mida di Cina, yang berlaku universal.