Pria India Bikin Heboh Bandara, Data di Paspor Menunjukkan Dia Lahir Tahun 1896

• Tuesday, 8 Oct 2019 - 16:52 WIB

ABU DHABI, iNews.id - Petugas bandara Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dibuat terkejut oleh seorang pria India. Pasalnya pria tersebut menunjukkan paspor yang di dalamnya tertera tanggal kelahiran yakni 8 Agustus 1896.

Artinya, pria asal Varanasi bernama Swami Sivananda itu kini berusia 123 tahun. Jika benar demikian, maka Sivananda merupakan orang tertua di dunia, mengalahkan versi Guinness Book of World Records.

Menurut data Guinness, manusia yang tercatat hidup paling lama di masa modern ini adalah Jeanne Calment. Dia mencapai usia 122 tahun sebelum meninggal pada 1997.

Sivananda singgah di Abu Dhabi untuk transit dalam perjalanan dari Kolkata menuju London, Inggris. Berdasarkan pengakuannya, tanggal dan tahun kelahiran tersebut disampaikan oleh kerabat saat orangtuanya meninggal dan dijadikan patokan sampai saat ini.

Tak ada dokumen kependudukan resmi yang bisa membuktikan angka yang tertera pada pasport itu benar adanya. Satu-satunya catatan soal tanggal lahirnya hanya ada di arsip kuil Hindu.

Sivananda yakin dengan data yang disampaikan kerabat. Dia masih berusaha mencari bukti resmi sehingga bisa mendapat gelar orang tertua di dunia oleh Guinness Book of World Records.

"Disiplin merupakan hal paling penting dalam hidup. Seseorang dapat menaklukkan apa pun dengan kedisiplinan soal kebiasaan makan, olahraga, dan hasrat seksual. Karena saya lahir dalam kemiskinan, saya tak pernah memiliki permintaan besar dalam kehidupan. Saya hanya ingin orang-orang bahagia, sehat, dan hidup damai," ujarnya, mengungkap rahasianya bisa hidup sehat sampai saat ini, seperti dikutip dari Mail Online, Selasa (8/10/2019).

Terlepas apakah bisa memenuhi syarat dari Guinness atau tidak, Sivananda ternyata sudah cukup dikenal karena gaya hidup sehatnya.

Dia kerap dipanggil untuk memberikan ceramah tentang kehidupan dan diminati banyak warga India. Banyak orang meminta tips darinya agar bisa memiliki umur panjang.

(sumber : inews.id)