Pelantikan Presiden Terpilih Jam 14.00 WIB

• Wednesday, 9 Oct 2019 - 17:58 WIB

Jakarta - Keputusan waktu menjadi fokus MPR RI sebagai penyelenggara proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil pemilu 2019. Hari ini MPR secara resmi memutuskan dan mengusulkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 jam 14.00 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan keputusan ini diambil dengan pertimbangan waktu yang lebih efektif, dibandingkan rencana semula jam 16.00 WIB sore. Keputusan ini akan segera disampaikan kepada protokol istana.

“Kita sepakat mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, protokol istana dan presiden untuk dilakukan jam 2 siang,”  ucap Bambang, usai rapat pimpinan  MPR RI di gedung parlemen Senayan Jakarta, Rabu (9/10)

Bambang menjelaskan, waktu pukul 14.00 WIB tidak mengganggu aktifitas ibadah bagi pemeluk agama nasrani. Car free day juga sudah selesai dan waktunya relatif panjang tidak sampai magrib.

"Karena CFD berakhir jam 11, ibadah juga berakhir 12 atau jam 13. Kita juga yang muslim bisa sholat zuhur dan masih sempat sholat ashar ketika selesai pelantikan,” jelas Bambang.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menambahkan, pimpinan MPR RI akan melakukan kunjungan kepada Presiden dan Wakil Prwsiden terpilih. Mantan capres/cawapres Prabowo dan Sandi beserta mantan presiden juga akan diundang untuk hadir dalam pelantikan.

"Kami juga sepakat sebelum tanggal 20, pimpinan bertemu dan silahturahmi, tidak saja kepada presiden dan wakil presiden yang dilantik tapi juga nanti kepada pak JK sebagai wakil presiden dan juga kepada kandidat yaitu pak Prabowo dan Sandi. Kita juga mengundang mantan presiden, Bu Megawati dan Pak SBY,” tutupnya. (akm)