Sidang Putusan Gus Nur Ditunda

• Thursday, 17 Oct 2019 - 14:25 WIB

Surabaya - Sidang Sugi Nur Rahardja atau Gus Nur di Pengadilan Negeri Surabaya ditunda minggu depan. Humas PN Surabaya Sigit Sutriyono mengatakan, sidang ditunda karena  mufakat majelis hakim akan putusan belum selesai. 

"Majelis hakim bermufakat untuk menunda pembacaan putusan pada pekan depan, karena sampai saat ini belum selesai dan final pada materi putusan," ujar Sigit.  

Sugi Nur Rahardja akan menghadapi vonis terkait vlog yang dianggap mencemarkan nama baik dan fitnah terhadap generasi muda Nadhatul Ulama (NU). Sidang yang berlangsung hari ini cukup membuat sibuk polisi  karena dihadiri 2 kubu, dari pendukung Gus Nur serta elemen santri dan banser. 

Para santri dalam aksinya menggelar istighotsah dan bersholawat menjelang sidang hingga sidang diputuskan ditunda. Sementara pendukung Sugi Nur Rahardja berada di seberang jalan membentangkan berbagai spanduk mendukung Gus Nur. 

Diantara dua massa tersebut aparat kepolisian menempatkan pasukan  Asmaul Husna yang terdiri dari para polwan berhijab. Selain itu kawasan Jl. Arjuna sekitar kawasan PN Surabaya ditutup dengan kawat berduri. 

Dalam sidang sebelumnya, Sugi Nur Rahardja dituntut 2 tahun penjara oleh Kejati Jawa Timur karena dinilai telah menyebarkan fitnah dan kebencian terhadap Nadhatul Ulama. (hermawan)