Anies Akan Keluarkan Surat Edaran Larangan Cat Bertimbal untuk Taman Bermain

• Monday, 28 Oct 2019 - 14:38 WIB

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan bakal menindaklanjuti laporan sejumlah fasilitas di taman bermain anak-anak di Ibu Kota yang menggunakan cat berbahan timbal.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya seharusnya sudah mengeluarkan surat edaran melarang penggunaan cat berbahan timbal untuk fasilitas taman bermain anak-anak di Jakarta.

frame frameborder="0" height="1" id="google_ads_iframe_/7108725/Desktop-Detail-Parallax_0" name="google_ads_iframe_/7108725/Desktop-Detail-Parallax_0" scrolling="no" title="3rd party ad content" width="1">

"Harusnya sudah ditindaklanjuti," ucap Anies usai apel peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Maknai Sumpah Pemuda, Anies: Tantangan Terbesar Merawat Persatuan 

 

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Anies akan melihat langsung taman bermain yang terindikasi menggunakan bahan kimia berbahaya ini.

"Saya cek dulu," ungkapnya.

Ilustrasi taman bermain anak. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

Ilustrasi taman bermain anak. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto) 

Anies juga meminta ke depannya pembangunan taman bermain anak di Jakarta di lakukan dengan hati-hati.

"Harus (hati-hati) dong," tutur Anies Baswedan.

Baca juga: Anies Harap Ketimpangan Dientaskan dengan Menghadirkan Keadilan 

 

Sebagaimana diketahui, kelompok aktivis lingkungan dari Yayasan Nexsus3 menganalisis 20 taman bermain umum dan 12 taman bermain anak usia taman kanak-kanak di DKI Jakarta terindikasi menggunakan cat berbahan timbal.

Zat timbal diketahui bisa memicu risiko keracunan kepada anak-anak. Selain itu bisa mengganggu organ tubuh serta menghambat tumbuh kembang bayi.

(Sumber :Okezone.com)