Memaknai Hari Sumpah Pemuda, Ralali.Com Berdayakan UMKM Dan Pengusaha Muda Via TI

Tiffany Shania • Wednesday, 30 Oct 2019 - 10:21 WIB
Ralali.com Berdayakan UMKM Dan Pengusaha Muda Via TI. (Foto: Tiffany Shania)

JAKARTA - B2B marketplace Ralali.com memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan memberdayakan UMKM dan pengusaha muda melalui inovasi teknologi. Agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh kuat, seimbang dan berkesinambungan dengan kontribusi para pengusaha muda di sektor UMKM.

VP of Marketing Ralali.com Jessica Carla meyakini Sumpah Pemuda sebagai momentum tepat bagi pemuda untuk semakin produktif dan berkarya bagi Indonesia, memiliki peran dan fungsi strategis dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju lewat wirausaha.

"Generasi muda saat ini memiliki karakteristik yang antusias, semangat kompetitif, serta kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan perkembangan teknologi sehingga Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan bisa bersaing secara global," kata dia saat press conference coffee'media' journey di Gorda HQ Jakarta, Senin (28/10/2019)

Pasalnya, Menurut Carla Tingkat Kewirausahaan Indonesia Dinilai Masih Sangat Rendah. Berdasarkan Data Entrepreneurship Global Index 2018, Indeks Kewirausahaan Di Indonesia Hanya 3,1% Dan Menduduki Peringkat 94 Dari 137 Negara. Tertinggal Dari Negara ASEAN Lainnya Antara Lain Singapura, Malaysia, Thailand Dan Filipina.

Momentum Sumpah Pemuda, yang memiliki makna untuk memajukan bangsa, diaktualisasikan Ralali.com tidak hanya secara online (platform Ralali.com) melalui HarBIGNas yang dimulai di 10.10, 11.11 hingga puncaknya 12.12, namun juga melalui kegiatan-kegiatan offline.

Seperti kegiatan Workshop Ralali.com, Coffee Journey, yang turut mendukung kampanye HarBIGNas secara offline, dengan tujuan mengedukasi, dan mengenalkan kemudahan pemenuhan usaha untuk kemajuan usaha pelaku atau calon pelaku UMKM yang antusias dengan bisnis coffee shop.

“Hari ini adalah Coffee Journey Ralali.com ke-20 sejak akhir 2017 lalu. Kami telah mengedukasi langsung secara eksklusif 1.000 pelaku usaha industri kopi Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang dan Bali. Tujuannya agar mereka semakin kreatif bisnisnya dan pemenuhan kebutuhan usaha kopinya terus berkembang melalui Ralali.com” kata Carla.

Lebih dari itu kehadiran HarBIGNas (Hari Belanja Item Grosir Nasional) 2019 dengan Tema “BIM SALA BIG, Bisnis Itu Mudah Usaha Langsung BIG” sejalan dengan target Ralali.com untuk memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019.

Kampanye HarBIGNas Ralali.com ini sebagai upaya mendorong pengusaha muda maupun pelaku UMKMyang memiliki usaha agar mudah mengembangkan usahanya melalui platform Ralali.com.

HarBIGNas adalah bentuk upaya pendekatan ke pelaku usaha melakukan transaksi via mobile apps Ralali.com. Mengingat dari 63 juta UMKM di Indonesia, baru 3,97 juta UMKM yang menggunakan teknologi, sehingga program yang pro-UMKM ini bisa mendorong UMKM lebih melek digital saat mengembangkan bisnis khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan usaha (sourcing) dan pendanaan (financing).

Untuk tambahan informasi, proporsi jumlah Sahabat Ralali.com didominasi oleh 75% pelaku usaha retail seperti warung kelontong, toko baju, toko HP, toko komputer (yang tergabung dalam kategori bisnis BIG Mart).

Kemudian disusul oleh 9.5% pelaku usaha kuliner sepertikatering, cafe hingga restoran (tergabung dalam kategori bisnis BIG Resto), dan peringkat ketiga yakni 4.5% pelaku usaha automotif seperti bengkel motor atau mobil, toko oli hingga spare part kendaraan (tergabung dalam kategori bisnis BIG Auto).